Usai Tahap Pertama, Pembangunan Masjid Apung Pagatan Tahap Kedua Resmi Dimulai

Usai Tahap Pertama, Pembangunan Masjid Apung Pagatan Tahap Kedua Resmi Dimulai

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melaksanakan peresmian dan peletakan arah kiblat di Masjid Apung Siring Pagatan yang terletak di Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Senin (27/06/2022).

Program yang digagas oleh PT Borneo Indobara (BIB) tersebut menandai dilanjutkan kembali pembangunan tahap kedua Masjid Apung Pagatan akan diberi nama Masjid Ziyadatul Abrar.

Senior Manager CSR and Sustaianbility PT Borneo Indobara (PT BIB) Dindin Makinuddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa terdapat tiga hal yang menjadi bahan pertimbangan perusahaan sehingga proses pembangunan masjid tersebut dibagi menjadi dua tahap.

Pertama adalah secara teknis yakni menunggu kekuatan struktur bawah bangunan yang telah diproses di tahap pertama, yang masih perlu dievaluasi dan uji laboratorium guna memastikan bahwa bangunan yang ada dilepas pantai aman untuk jangka waktu yang panjang.

Kedua yakni secara administratif untuk pembangunan tahap kedua ini bisa dikelola atau bisa dilaksanakan oleh kontraktor lokal, dan yang sekarang melanjutkan proses pembangunan ini adalah tenaga ahli yang sudah lulus dalam proses tender.

Sedangkan faktor ketiga secara komersial, pada saat pandemi mulai berlalu terjadinya peningkatan harga bahan baku material yang meningkat sehingga proses penganggaran yang semula sudah disetujui oleh pimpinan pusat sekitar 30 miliar rupiah meningkat menjadi sekitar 40 milliar rupiah.

“Insyaallah masjid jadi ini cukup besar, dan di momen ini pula kami memohon kepada Bapak Ibu sekalian yang hadir untuk sama-sama mendoakan untuk kelancaran pembangunan ini,” ucap Dindin.

Sementara itu Direktur PT Borneo Indobara (PT BIB) Raden Utoro mengatakan bahwa dengan dibangunnya masjid ini dengan desain dan kualitas material yang terbaik, ia berharap dapat menjadi persembahan dari PT BIB untuk Kabupaten Tanah Bumbu, baik Pemerintah dan masyarakat.

Adapun Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam sambutannya menyambut baik adanya program Masjid Apung ini guna mengkokohkan Visi Misi Tanah Bumbu menjadi Serambi Madinah.

Terlebih pada tanggal 1 Juli mendatang, juga akan mulai dicanangkan program memakmurkan masjid dengan satu desa satu masjid yang diharapkan dapat menghidupkan malam di Tanah Bumbu yang lebih agamis.

‚ÄĚJadi kita berharap Tanah Bumbu ini menjadi mungkin salah satu daerah di Indonesia dimana nanti masjidnya tidak akan kosong, berbagai rencana dilakukan di masjid seperti yang dilakukan oleh baginda Nabi Muhammad saw. di zaman perjuangan beliau,” kata Zairullah Azhar.

Oleh sebab itu atas nama pemerintah daerah, dirinya mengucapkan terima kasih yang luar biasa Kepada PT. Borneo Indobara yang telah berperan aktif untuk berkontribusi membangun di Bumi Bersujud yang dicintai masyarakatnya. (**/Red)

Share this Post :

Comments are closed.