Dirjen Hubla Resmikan Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin

Dirjen Hubla Resmikan Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Ir. Arif Tona Tjahjagama, meresmikan pembukaan Gedung Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru – Batulicin, Rabu (03/08/2022).

Peresmian gedung baru KSOP itu ditandai dengan penandatanganan batu prasasti serta pemotongan pita oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut, Arif Toha Tjahjagama.

Dalam kesempatannya, Dirjen Perhubungan Laut menyampaikan bahwa pembangunan gedung baru KSOP ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terkhusus dalam menjamin atau mewujudkan keselamatan, keamanan dan perlindungan maritim terkhusus di wilayah Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Arif juga meminta agar jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, guna mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran bagi masyarakat pengguna jasa transportasi laut.

“Keselamatan dan keamanan pelayaran harus tetap dijaga dan menjadi yang utama, lebih baik tidak usah berangkat, daripada tidak sampai ke tujuan,” ujar Arif.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu, H.M. Zairullah Azhar, M Si, menyampaikan bahwa Kabupaten Tanah Bumbu sebagai salah satu Kabupaten penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang baru memiliki potensi sumber daya kemaritiman yang cukup besar.

Untuk itu pihaknya sangat mendukung dan berterima kasih atas peresmian Gedung Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Kotabaru-Batulicin, mengingat transportasi laut merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan geliat pertumbuhan ekonomi daerah.

“Alhamdulillah ini merupakan keberkahan bagi Tanah Bumbu, setelah diresmikan langsung oleh Pak Dirjen, untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman KSOP Kotabaru-Batulicin dibawah pimpinan Pak Agus, semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Dalam laporannya Kepala KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Agus Sularto, menyampaikan bahwa gedung baru KSOP ini beralamat di Jl. Raya Batulicin No. KM. 04 Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, memiliki 3 (tiga) lantai yang menempati area tanah seluas 1600 M2.

Adapun sumber dana pembangunan Gedung Kantor Baru KSOP Kotabaru-Batulicin yang di bangun sejak tahun 2021 ini menggunakan anggaran APBN sebesar Rp. 13.79 milliar.

Di akhir kegiatan, Direktur Jenderal Perhubungan Laut juga membagikan bantuan secara simbolis berupa Lifejacket kepada nelayan dan tenaga operasional.

Turut berhadir Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Ketua DPRD Tanbu H. Supiansyah, Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka, unsur Forkopimda, jajaran pejabat Perhubungan Laut serta tamu undangan. (*/Red)

Share this Post :

Comments are closed.