Peluncuran Kampung Zakat, Wakil Bupati Tanbu Dampingi Menteri Agama Di Desa Sukamaju Batulicin

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Wakil Bupati Tanah Bumbu HM Rusli menyambut kedatangan Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas beserta rombongan di Bandara Bersujud Batulicin.

Kedatangan jajaran Kementerian Agama itu guna melaunching Kampung Zakat di Desa Sukamaju, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (17/01/2023).

“Atas nama pribadi, masyarakat, dan Pemerintah, menyampaikan terima kasih dan mengucapkan selamat datang di Bumi Bersujud kepada Menteri Agama Republik Indonesia H Yaqut Cholil Qoumas beserta rombongan atas kunjungannya,” kata Rusli dalam sambutannya.

Momen ini diharapkan Wakil Bupati dapat memberikan kesan positif sehingga dapat berlanjut di masa-masa yang akan datang, terlebih demi kemajuan dan percepatan pembangunan daerah di Kabupaten Tanah Bumbu.

Program Kampung Zakat diharapkan mengembangkan kesejahteraan masyarakat yang meliputi berbagai aspek baik pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, serta keagamaan melalui pemberdayaan zakat.

“Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pembayaran zakat di tempat pemungutan zakat yang resmi, dengan demikian maka zakat yang disalurkan dengan lancar dan tepat sasaran,” pungkas Rusli.

Selain melaunching Kampung Zakat, kehadiran Menteri Agama RI beserta rombongan juga sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan.

Diantaranya bantuan penyaluran zakat beasiswa pendidikan sarjana S1 untuk Bidan Desa Rp1.75 Miliar kepada 50 orang, beasiswa pendidikan keluar negeri Hadramaut Yaman Rp67.560.000, Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Muhibbin di Barabai Rp570.000.000, Majelis Ta’lim Ar Raudah Kecamatan Simpang Empat Rp.40 Juta.

Bantuan uang saku bulanan SMP dan SMK Rp218.400.000, bantuan utuk anak asuh Stunting dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kotabaru dan Hulu Sungai Selatan Rp1.458 Miliar untuk 540 orang.

Bantuan penyaluran ke Kampung Zakat di Desa Sukamaju Kabupaten Tanah Bumbu, Desa Gunung Ulin Kabupaten Kotabaru dan Desa Telaga Bidadari Kabupaten Hulu Sungai Selatan Rp300.000.000.

Bantuan BPJS Non ASN Kalimantan Selatan 1.222 Jiwa, Imam dan Marbot Masjid di Kotabaru 577 Jiwa dan Tanah Bumbu 237 Jiwa, 11 Unit bedah rumah yang diserahkan Ketua Yayasan Laziz Assalam Fil Alamin Syafruddin Kambo.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua Yayasan Assalam Fil Alamin (Komjen Pol (Purn) Dr H Syafruddin Kambo, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Prof Dr KH Noor Achmad, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI H Kamaruddin Amin dan tamu undangan lainnya. (*/Red).