Jelang Puncak Arus Mudik Lebaran, Situasi Lantas Di Tanbu Relatif Lancar

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, mudik atau pulang kampung menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi dengan keluarga.

Mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas sebelum dan sesudah lebaran, Polres Tanah Bumbu menggelar Operasi Ketupat Intan Tahun 2023.

Operasi yang melibatkan 256 personil gabungan tersebut disiapkan guna mengamankan arus mudik lebaran Idul Fitri di tahun ini.

Polres Tanah Bumbu telah mendirikan 4 pos di sejumlah lokasi, seperti 2 Pos Pengamanan di Satui dan Pagatan, 1 Pos Pelayanan di Pelabuhan Ferry Batulicin, dan 1 Pos Terpadu di Pasar Minggu Simpang Empat.

Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu AKP Guntur Setyo Pambudi, menyampaikan bahwa hingga saat ini perkembangan situasi arus mudik di Tanah Bumbu masih relatif lancar.

Meskipun demikian, dirinya menyebut terdapat sejumlah titik kerawanan di wilayah Tanah Bumbu yang harus diwaspadai oleh pemudik atau pengguna jalan.

“Seperti di Jalan Alternatif KM 171 Satui yakni kerawanannya jalan licin karena masih tanah, kemudian jalan-jalan berlubang dan gelap di Sungai Loban dan Angsana juga perlu diwaspadai,” sebutnya saat dikonfirmasi media ini, Rabu (19/04/2023).

Untuk itu, AKP Guntur menghimbau kepada pengguna jalan atau pemudik yang melewati wilayah tersebut untuk selalu tetap berkonsentrasi dan berhati-hati dalam berkendara.

Adapun Satlantas Polres Tanbu memprediksi hari Kamis tanggal 20 April 2023, besok akan menjadi puncak arus mudik di wilayah Tanah Bumbu.

Ia berharap para pemudik untuk menjaga kondisi fisiknya dan tidak ragu untuk berisitirahat apabila merasa kelelahan selama dalam perjalanan.

Bagi pemudik arah Banjarmasin, Satlantas Polres Tanbu telah menyediakan Rest Area yang layak di wilayah Satui bagi pemudik yang hendak singgah.

“Tetap berhati-hati dan jika lelah silahkan istirahat di Polsek terdekat, masjid, atau Rest Area lainnya,” pesan Kasat Lantas. (*/Red).