Tim Penilai Kinerja 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Sambangi Tanbu

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar kegiatan pertemuan bersama Tim Penilai Kinerja Delapan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), M Putu Wisnu Wardhana bertempat di Aula Seroja Hall Ebony Batulicin, Jumat (19/5/2023).

Dalam hal ini, Ketua Tim Penilai Kinerja Eko Suhermanto menyampaikan, bahwa tidak semua kabupaten/kota di Provinsi Kalsel mendapat kesempatan dikunjungi oleh Tim Penilai Kinerja.

Kabupaten Tanah Bumbu termasuk di dalam 6 kabupaten yang didatangi tim provinsi, untuk mempersiapkan momen 23 Mei 2023, yang mana merupakan pokok inti dari kegiatan penilaian paparan soal stunting.

“Kami secara teknis, seperti dua kabupaten sebelumnya, kami langsung to the point melalui delapan aksi yang melibatkan dinas terkait. Kami disini untuk memverifikasi sementara,” kata Eko.

Yaitu mengenai verifikasi kesiapan dokumen yang telah tersedia atau yang telah diupload sebelumnya.

“Tanggapan kami, Kabupaten Tanah Bumbu Alhamdulillah sudah bagus,” lanjutnya.

Ketua Tim Penilai Kinerja tersebut berharap, Kab Tanbu bisa memaparkan materi dan inovasi secara baik untuk mendapatkan penilaian.

Ia juga menjelaskan, aturan main tentang pemaparan materi pada hari yang telah ditentukan, Tim Penilai Kinerja akan langsung memverifikasi dari aksi 1 hingga aksi ke 8.

Sementara itu Bupati Zairullah dalam sambutannya melalui Staf Ahli M Putu Wisnu Wardhana, mengajak serta memberikan himbauan kepada masyarakat untuk ikut serta dalam mencegah stunting dengan memenuhi gizi pada ibu hamil.

“Kami menyambut baik dan sangat mengapresiasi, atas dilaksanakannya Penilaian Kinerja Delapan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Tanah Bumbu ini,” kata Bupati.

Sebagaimana kita ketahui bersama, kegiatan ini bertujuan untuk meninjau kemajuan serta pemberian umpan balik kepada Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan aksi konvergensi, utamanya aksi 1 hingga 8 sebagai upaya pencegahan stunting terintegrasi di Kab Tanbu, melalui pendekatan intervensi gizi spesifik dan sensitif.

“Oleh karenanya, melalui kegiatan penilaian ini kami berharap komitmen kita semua dari semua elemen dan OPD yang masuk dalam konvergensi stunting, untuk dapat serius dan fokus dalam menjalankan program penurunan stunting,” tegasnya.

Sehingga Kab Tanbu dapat menciptakan, generasi muda yang sehat jasmani dan rohani dan terbebas dari stunting, generasi yang cerdas dan berkualitas di Bumi Bersujud.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari Pemkab Tanbu kepada Tim Penilaian Kinerja.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Pengadilan Agama Kab Tanbu, 5 orang Tim Penilai Kinerja Delapan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalimantan Selatan, para pejabat lingkup Pemkab Tanbu, Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kab Tanbu, Kepala Kantor Kementerian Agama, Koordinator Balai Penyuluh Keluarga Berencana (KB), Pengelola Gizi Puskesmas, Tim Pendamping Keluarga, para Pimpinan Perusahaan, Camat dan narasumber. (*/Red).