Pesta Pantai Mappanretasi 2023 Resmi Dibuka Bupati Zairullah

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Tanah Bumbu Ke-20, Pesta Adat Budaya Maritim Mappanretasi atau yang dikenal dengan Pesta Pantai kembali bergulir di Tanah Bumbu.

Kegiatan Mappanretasi resmi dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar di Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Sabtu (20/05/2023) sore.

Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan perusahaan yang telah memberikan berbagai bentuk support atau dukungan guna terselenggaranya kegiatan ini.

Zairullah menambahkan bahwa kegiatan Mappanretasi Tahun 2023 yang mengambil tema ‘Nelayan Berkah, Tanah Bumbu Sejahtera’ memberikan makna yang sangat mendalam dan patut untuk disyukuri.

Oleh sebab itu Bupati menyebut bahwa Mappanretasi merupakan salah satu perwujudan dari rasa syukur yang mendalam atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

“Dengan doa kita, mudah-mudahan hadiah sekaligus hidayah yang diberikan oleh Allah kepada Tanah Bumbu, khususnya laut yang begitu luas dengan ratusan kilometer panjang pesisir, memberikan sedemikian luar biasa rezeki yang telah dirasakan masyarakat Tanah Bumbu,” jelas Bupati.

Pada kesempatan itu Zairullah juga menjelaskan bahwa Mappanretasi mengandung arti ‘Makan Bersama-sama Di Laut’. Berbeda dengan Mappanretasi yang berarti ‘Memberi Makan Laut’, yang dimana menurut Bupati hal tersebut sangat tidak sejalan dengan pesan-pesan agama.

“Makna kegiatan ini bukan hanya ungkapan rasa syukur karena nelayan yang Insya Allah barokah dan laut yang dahsyat, tetapi rasa syukur karena Tanah Bumbu dilimpahkan begitu banyak rahmat dan rezeki, ada tambang, kebun, sawah, dan lain-lain termasuk Bendungan yang tidak lama akan dibangun,” ujarnya.

Adapun dalam pembukaan Mappanretasi Tahun 2023 ditampilkan tarian Baharap Barakat dari sanggar seni Baruna Bentala binaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu.

Usai membuka Mappanretasi, Bupati beserta rombongan juga meninjau langsung pameran Tanbu Expo yang berisikan instansi pemerintah, perusahaan, dan UMKM.

Turut berhadir Wakil Bupati Tanah Bumbu HM Rusli, Ketua DPRD Tanbu Andrean Atma M, Forkopimda, Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka, Kepala SKPD, Lembaga Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya. (*/Red).