Semangat Gotong Royong, Posko Satu Jiwa Berikan Bantuan di Desa Kupang Berkah Jaya

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka kegiatan rutin bertajuk Jumat Berkah Peduli Satu Jiwa, Posko Satu Jiwa terus aktif dalam menunjukkan kepedulian sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, Jumat (30/06/2023)

Pelda Indro Turseno sebagai Koordinator Posko Satu Jiwa sekaligus Babinsa Koramil 1022-05/Karang Bintang, mengungkapkan bahwa pada kegiatan kali ini pihaknya melaksanakan pembagian bantuan berupa paket sembako di Desa Kupang Berkah Jaya RT 02 Kec. Simpang Empat.

“Hal ini sesuai dari RT 02 yang diwakili oleh Bapak Enggar, yang mengirimkan permintaan untuk disaluran untuk warga yang kurang mampu disana,” jelas Pelda Indro.

Tidak hanya itu, dampak dari aksi Posko Satu Jiwa kali ini juga menyentuh langsung anak-anak santri Rumah Al-Qur’an Nasda yang berhak menerimanya, termasuk anak yatim yang ada di dalamnya.

Pelda Indro melanjutkan, bahwa kegiatan Posko Satu Jiwa ini telah menjadi rutinitas yang tak terpisahkan, dimana para relawan Posko Satu Jia mencoba untuk lebih memberikan perhatian kepada warga lingkungan disekitar.

Diantaranya Desa Kupang Berkah Jaya yang menjadi domisili pusat dan tempat lahirnya Posko Satu Jiwa sebelum melebarkan aksinya di desa-desa lain di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Dimana desa ini sebelumnya bagian Desa Sarigadung. Posko Satu Jiwa lahir di lingkungan desa ini selama 3 tahun terakhir dan telah aktif melakukan giat sosial disaat masa pandemi Covid-19 sampai berakhirnya masa pandemi saat ini,” terang Pelda Indro.

Berjalannya waktu, saat inu Posko Satu Jiwa telah memiliki perwakilan yang berada di sejumlah desa yang menjadi bagian dari Posko Satu Jiwa, seperti Rumah Satu Jiwa baik di Kec. Karang Bintang maupun Kec. Simpang Empat.

Pelda Indro berharap Posko Satu Jiwa dapat menjadi tempat dan sarana bagi pihaknya dalam menyalurkan dan menghimpun sembako di masing lingkungan desa tersebut.

Dengan mengedepankan kemandirian dan swadya, semangat gotong royong yang melekat di Posko Satu Jiwa, melalui warga yang mampu diharapkan dapat meringankan beban untuk mereka yang kurang mampu dan kurang beruntung.

“Terutama yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, sasaran lainnya juga kita berikan kepada warga pendatang yang tidak tercover bantuan dari pemerintah atau instansi lainnya, dikarenakan domisili dan KTP masih luar daerah sehingga mereka belum bisa mendapatkan bantuan,” lanjutnya.

Pelda Indro menyebut kebanyakan dari mereka adalah perantau yang bekerja seperti buruh kebun, kuli bangunan, dan kerja serabutan lainnya.

“Kegiatan Posko Satu Jiwa yang kita lakukan ini juga tidak lepas dari dukungan Komandan Kodim 1022/Tnb Letkol inf Aldin Hadi, SH, M.Tr(Han) serta penekanan dari beliau bahwa Babinsa di wilayah harus bisa memberi manfaat untuk warga di lingkungannya dan mendukung program TNI AD yaitu dukung program Babinsa masuk Dapur dan pengentasan stunting yang ada di wilayah,” tutup Pelda Indro. (*/Red).