Wujudkan Peningkatan Program Pokok PKK, Jambore Kader PKK Tanbu Digelar

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Jambore Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tanah Bumbu berlangsung di Gedung PKK Tanbu pada Selasa (11/07/2023).

Rangkaian kegiatan Jambore Kader PKK terdiri dari beberapa lomba, antara lain Lomba Yel-Yel, Lomba Makanan Sehat, Lomba UP2K, dan Lomba Penyuluhan 10 Program PKK.

Ketua TP PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti, menyatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan Jambore ini adalah untuk mempererat silaturahmi serta meningkatkan kinerja dalam mewujudkan 10 program PKK.

Jambore ini juga menjadi kesempatan untuk memperluas wawasan, berbagi pengetahuan, dan pengalaman, serta sebagai platform untuk saling mengenal, menjalin persaudaraan dan persahabatan, serta membangun kerjasama antara kader PKK di seluruh Tanbu.

Hj Wahyu Windarti menambahkan bahwa Jambore Kader PKK merupakan agenda tahunan dari PKK yang melibatkan tingkat kabupaten, kota, provinsi, hingga tingkat nasional.

Selain itu, kader PKK dari 12 kecamatan memiliki fungsi dan tugas masing-masing dengan karakter yang berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu mewujudkan visi dan misi PKK.

“Tugas ini bukanlah tugas yang ringan dan juga bukanlah tugas individual, tetapi merupakan tugas bersama dalam satu tim yang harus solid,” tambahnya.

Ia juga menekankan kepada para kader PKK dalam Jambore 2023 ini untuk membangun kerjasama yang baik antara sesama kader, serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) karena percepatan penguatan 10 program pokok PKK memerlukan kualitas SDM yang baik.

“Saya berharap seluruh jajaran TP PKK tidak bekerja sendiri, tetapi bekerja secara sinergis dengan pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan komponen masyarakat lainnya dalam upaya mengatasi berbagai masalah di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Tanbu, Samsir, sebagai panitia menjelaskan bahwa Lomba Jambore PKK ini merupakan ajang silaturahmi antara 12 kecamatan di Tanah Bumbu, serta sebagai wadah untuk menampilkan potensi masing-masing desa. (*/Red).