Pengesahan Warga PSHT, IPSI Tanbu Harapkan Jawara Silat Berbudi Luhur

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Tanah Bumbu Pusat Madiun menggelar Malam Pengesahan Warga Tingkat I di Gedung Mahligai Kapet Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Jum’at (28/07/2023) malam.

Dalam acara tersebut, Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kabupaten Tanah Bumbu, Ahmad Sulthon Rosyidi, SP, yang diwakili Ketua Lembaga Wasit Juri IPSI Tanah Bumbu menyampaikan sambutannya.

Ia menyampaikan pentingnya Pencak Silat bagi bangsa Indonesia dan bagaimana seni bela diri ini telah mendapat pengakuan sebagai Warisan Budaya Non Benda Dunia oleh UNESCO.

Pencak Silat, menurutnya, bukan hanya tentang bela diri semata, melainkan juga mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang menghubungkan manusia dengan Tuhan, sesama, dan lingkungan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa IPSI merupakan organisasi induk yang menyatukan berbagai aliran dan perguruan silat, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan.

“IPSI bertujuan untuk menyediakan standar program pembinaan dan kepelatihan agar Pencak Silat dapat diajarkan sebagai pendidikan jasmani di masyarakat dan dijadikan bagian dari event-event olahraga,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua IPSI Tanbu juga menekankan 11 hal yang harus dimiliki oleh setiap Pendekar, diantaranya yakni 3 Sukses Calon Pendekar, 6 Tabiat Luhur Pendekar, dan 3 Prinsip Kerja Pendekar. Hal ini menjadi pedoman bagi calon pendekar dan warga Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Tanah Bumbu dalam mengemban tugas dan tanggung jawab mereka.

Kegiatan ini diharapkan IPSI Tanbu dapat melahirkan jawara-jawara silat yang berbudi pekerti luhur dan dapat membanggakan perguruan, daerah, dan masyarakat Bumi Bersujud.

“Sehingga mereka diharapkan dapat berprestasi dan berkontribusi pada event Porprov Kalimantan Selatan di Kabupaten Tanah Laut pada tahun 2024 mendatang,” harapnya.

Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, seluruh insan silat di Kabupaten Tanah Bumbu diharapkan dapat hidup rukun dan damai, menjunjung tinggi kekeluargaan, keakraban, serta bersama-sama membangun kehidupan dalam keanekaragaman aliran dan perguruan silat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PSHT Tanbu Sugianto, IPSI Tanbu, anggota Dewan Pusat, perwakilan Forkopimda, warga dan calon warga PSHT Tanah Bumbu. (*/Red).