Bersatu untuk Maju: Posko Satu Jiwa Berikan Dampak Positif di Tanah Bumbu

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dalam upaya membantu masyarakat yang membutuhkan, Posko Satu Jiwa kembali melaksanakan kegiatan Jum’at Berkah Peduli Satu Jiwa.

Ditandai dengan membagikan bantuan kepada warga di empat desa yang berada di dua kecamatan, kegiatan ini dipimpin oleh Pelda Indro Turseno, yang juga merupakan Babinsa Koramil 1022-05 Karang Bintang dan Koordinator posko Satu Jiwa.

“Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Danramil Kapten Inf Yacob Pangala, dengan menyasar di empat desa secara bergantian. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak-anak yatim, lansia, orang sakit menahun, serta masyarakat yang kurang mampu. Data yang digunakan untuk menentukan sasaran berasal dari laporan relawan lapangan dan aparat desa,” jelas Pelda Indro.

Ia kemudian menyampaikan kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WITA di sekitar Posko Satu Jiwa di Desa Kupang Berkah Jaya, Kecamatan Simpang Empat dengan bantuan disalurkan melalui Ketua RT kepada anak yatim dan lansia.

Setelah itu, tim bergerak menuju Desa Manunggal di Kecamatan Karang Bintang, dirangkai dngan program “Babinsa Masuk Dapur”, bantuan sembako yang berisi beras, minyak goreng, dan mie instan disalurkan dari rumah ke rumah sebagai bagian dari silaturahmi.

“Selanjutnya, tim juga bergerak menuju Desa Batulicin Irigasi, didampingi oleh Babinsa, untuk memberikan bantuan sembako kepada warga yang sakit menahun dan tidak bisa bekerja. Kegiatan ini sangat membantu mereka yang mengandalkan bantuan dari keluarga dan pemerintah setiap bulannya,” lanjutnya.

Namun kegiatan Jum’at Berkah Peduli Satu Jiwa tidak berhenti sampai di situ. Setelah shalat Jum’at, bantuan juga diberikan kepada warga di Desa Karang Nunggal, Kecamatan Karang Bintang. Lansia dan orang sakit menahun juga mendapatkan bantuan dari posko Satu Jiwa.

Pelda Indro Turseno, Babinsa yang memimpin kegiatan ini, mengucapkan terima kasih kepada Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu atas dukungan dan motivasinya. Di mana Dandim telah menegaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk implementasi dari prinsip “Bersatu untuk Maju, Bersama untuk Sejahtera” yang dipegang oleh Komandan Kodim.*

Melalui kegiatan ini, Posko Satu Jiwa memberikan dampak positif yang diberikan kepada masyarakat Tanah Bumbu.

Sebagai Babinsa, Pelda Indro menjelaskan bahwa tujuan utama adalah menjalankan tugas kemanusiaan dan membantu pemerintah dalam menangani permasalahan sosial, terutama mengatasi kemiskinan di wilayah, bahkan hingga ke desa-desa terpencil

“Posko Satu Jiwa berkomitmen untuk terus memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan, menjalankan prinsip “Bersatu untuk Maju” demi kesejahteraan bersama,” tutup Pelda Indro. (*/Red).