Harganas Ke-30 di Tanbu: Komitmen Menuju Keluarga Bebas Stunting

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke-30, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggelar acara di Gedung Mahligai Bersujud pada Senin (28/08/2023).

Dalam laporannya, Kepala DP3AP2KB Kab. Tanbu, Narni, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Keluarga Nasional menjadi momentum penting untuk merefleksikan pentingnya peran keluarga dalam membangun suatu bangsa dan negara.

Ia menekankan pentingnya sinergi antara semua pihak dalam menghadapi tantangan stunting demi memajukan Indonesia terkhusus Tanah Bumbu.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, menegaskan bahwa kemajuan suatu negara sangat bergantung pada kemajuan keluarga sebagai pondasi awal.

Bupati menyoroti seriusnya arahan presiden terkait penanggulangan stunting dan menyambut positif upaya yang dilakukan oleh kader puskesmas dan pihak terkait. Pendataan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan evaluasi yang baik terhadap upaya yang telah dilakukan.

“Pentingnya upaya penanggulangan stunting sehingga kegiatan ini tak hanya menjadi sorotan seremonial semata, tetapi juga merupakan prioritas daerah dalam memajukan sumber daya manusia,” kata Zairullah

Dikatakan Bupati, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga mengutamakan pendekatan agama melalui program “Satu Desa Satu Masjid” untuk menciptakan generasi cerdas dan berakhlak.

Dalam acara ini juga dilakukan pembacaan ikrar generasi berencana dan pemberian penghargaan kepada duta genre tingkat desa dan kabupaten serta sejumlah instansi yang terlibat dalam upaya penanganan stunting dan program keluarga bencana.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris BKKBN Kalsel, dr. Lasma, Forkopimda, Ketua Tim TP-PKK, Hj. Wahyu Windarti, Camat se-Tanbu, Komite Percepatan Pembangunan Daerah, perwakilan SKPD, pimpinan instansi vertikal, perwakilan perusahaan, dan tamu undangan lainnya. (*/Red).