Bimtek Aplikasi e-WALIDATA: Penguatan Statistik Sektoral Pemkab Tanah Bumbu

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (e-WALIDATA) dan pembinaan statistik sektoral telah dilaksanakan. Acara ini berlangsung di ruang rapat Syahril YP, Lt. II Kantor Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru.

Penyelenggara kegiatan ini adalah Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu), yang bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab Tanbu.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara, Dwi Teguh Effendi selaku Kepala Bidang Statistik dan Persandian di Diskominfo SP Kab Tanbu, mengungkapkan bahwa peserta bimtek ini berjumlah sekitar 100 orang, yang berasal dari 30 SKPD dan 12 kecamatan, termasuk instansi vertikal.

Kegiatan ini didasarkan pada dasar hukum yang mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 tahun 1997 Tentang Statistik, Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Statistik, Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, dan Peraturan Kepala BPS Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Statistik Sektoral oleh Pemerintah Daerah.

Bimtek berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 21-22 September 2023. Narasumber bimtek berasal dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan, dengan Akhmad Rifani sebagai Statistisi Ahli Muda, dan narasumber dari Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, yang diwakili oleh Irwan Ari Danu sebagai Perencana Ahli Muda.

Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan Aplikasi e-WALIDATA, serta memberikan pembinaan sektoral terkait penyusunan Metadata dan rekomendasi dalam kompilasi administrasi produk dan kegiatan survei.

Selain itu, Bimtek ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan penguasaan substansi statistik sektoral bagi SKPD, serta memperkenalkan mekanisme penginputan pada aplikasi SIPD RI (e-WALIDATA).

Acara ini dihadiri oleh Kepala BPS Tanbu, Bappeda Kab Tanbu, dan peserta Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (E-WALIDATA) dan Pembinaan Statistik Sektoral. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan membantu peserta dalam meningkatkan kapasitas SKPD dengan efektif. (*/Red).