Hari Rabies Sedunia, Ratusan Anjing dan Kucing di Tanbu Divaksinasi

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) melalui Bidang Peternakan telah melaksanakan Vaksinasi Rabies serentak di sejumlah kecamatan.

Kepala DKPP Kab Tanbu, H Hairuddin, menyatakan bahwa Pemerintah Daerah menjalankan Vaksinasi Rabies serentak sebagai langkah pencegahan terhadap rabies. Vaksinasi Rabies ini bertujuan untuk melindungi hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing, serta masyarakat agar tetap aman dari rabies.

“Hal ini penting karena gigitan hewan yang terjangkit rabies sangat berbahaya bagi manusia, meskipun kasus rabies tidak ada di Tanbu,” ujar Hairuddin, Sabtu (07/10/2023).

Kegiatan Vaksinasi Rabies serentak berlangsung dari pukul 08.00 Wita hingga 12.00 Wita, tersebar di beberapa lokasi seperti Kantor DKPP Tanbu, Puskeswan Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Puskeswan Kecamatan Sebamban dan Sungai Loban, serta Puskeswan Kecamatan Angsana.

Selain itu, Hairuddin juga menjelaskan bahwa Hari Rabies Sedunia diperingati setiap tanggal 28 September, dengan puncak perayaan pada 7 Oktober 2023. Tema Hari Rabies Sedunia 2023 adalah “All for One, One Health for All,” yang menekankan pentingnya kesehatan bersama.

Kadis DKPP mengatakan bahwa tujuan dari Vaksinasi Rabies ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, mempromosikan vaksinasi rabies, dan mengadvokasi langkah-langkah pengendalian rabies. Ini juga merupakan tonggak sejarah dalam perjuangan melawan penyakit rabies.

Menurut KabidNak DKPP Kab Tanbu, Andrie J. Tenggara, total realisasi Vaksinasi Rabies pada acara Hari Rabies Sedunia tanggal 7 Oktober 2023, secara serentak di 4 lokasi di Kabupaten Tanah Bumbu mencapai 657 ekor, terdiri dari 378 ekor anjing, 278 ekor kucing, dan 1 ekor monyet. (*/Red).