Dukung SDM Berkualitas: Bupati Buka Festival Belajar.Id di Tanah Bumbu

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Bupati HM Zairullah Azhar membuka Festival Belajar.id yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Tanbu bertempat di Pendopo Serambi Madinah, Kantor Bupati Tanbu, Selasa (17/10/2023).

Dalam kesempatannya, Bupati Zairullah Azhar memberikan motivasi kepada 224 Kepala Sekolah dari tingkat TK, SD, dan SMP.

Kepada para Kepala Sekolah dan tenaga pendidik, Zairullah berharap mereka agar dapat terus berinovasi, sementara pemerintah daerah akan terus meningkatkan pelayanan pendidikan.

Bupati Zairullah juga menyampaikan upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di kalangan kepala sekolah dan guru, terutama dalam bidang IT.

Kerjasama dengan Briton English Education, perwakilan Cambridge University, telah dibangun untuk program Sekolah Berbahasa Inggris bagi SD dan SMP di Tanah Bumbu. Selain itu, ada rencana kerjasama dengan China untuk bahasa Mandarin dan bahasa Arab.

Bupati Zairullah menekankan pentingnya memiliki SDM yang serba bisa, dan Pemerintah Daerah akan terus mendukung pengembangan SDM untuk mencetak generasi pemimpin bangsa yang berasal dari Tanah Bumbu.

Pengembangan IT akan terus ditingkatkan dengan dukungan SDM yang berkualitas. Kualitas guru juga akan ditingkatkan agar generasi yang berhasil dapat dihasilkan.

Acara ini juga merupakan penganugerahan Jawara Belajar.id Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, yang dipilih berdasarkan beberapa kategori, seperti pemanfaatan akun Belajar.id, uji kompetensi siswa tertinggi, penggunaan platform Merdeka Mengajar, praktik baik dalam penggunaan alat TIK Chromebook, dan perencanaan berbasis data.

Prestasi dalam penggunaan akun Belajar.id di Tanah Bumbu termasuk sangat baik, dengan persentase aktivasi akun mencapai 82,47% per tanggal 15 Oktober 2023 dari 62.049 akun yang tersedia. Tanah Bumbu juga menduduki peringkat 2 nasional dalam uji kompetensi Google for Edukasi, dan peringkat 1 di Kalimantan Selatan.

Selain itu, Pemanfaatan Chromebook juga mendapat peringkat tinggi, yaitu peringkat 4 nasional dan peringkat 3 di provinsi. Pemerintah sangat mendorong sekolah untuk memanfaatkan platform Merdeka Belajar ini sebaik mungkin.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, Anggota DPRD Tanbu Syamsisar, dan Kepala SKPD di Pemkab Tanbu. Hasil dari Jawara Belajar.id di Kabupaten Tanah Bumbu akan berlanjut ke tingkat provinsi dan nasional, dan saat ini Tanbu menduduki peringkat ke-6 di Kalimantan Selatan. (*/Red).