Obsesinews.com, Tanah Bumbu- Dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional 2024 PT Borneo Indobara (PT.BIB) mengelar berbagai acara yang terangkum dalam tema “Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”.

Event peringatan K3 Nasional tersebut terbagi di dua kegiatan, Pertama kegiatan Funrun dan Funbike yang di selengarakan secara bersamaan bertempat di objek wisata pantai Angsana, Minggu (18/2/24).

Resminya acara tersbebut dimulainya  setelah dilakukan pelepasan oleh Riadi Simka Pinem selaku kepala Teknik Tambang PT.BIB.

Dalam sambutanya Riadi Simka Pinem mengatakan, Tujuan terselengaranya acara ini selain untuk memeriahkan K3 Nasional. Sesuai dengan tema “Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha. Maka dalam pekerjaan kita harus benar benar sehat agar saat bekerja kita selamat ujar Riadi Simka Pinem.

“Di kegiatan pula adalah merupakan ajang silaturahmi bagi kita semua.  di selengaranya kegiatan ini tentunya telah menambah rekat jalinan tali silaturahmi terhadap kita semua” Ungkapnya.

Sementara, Ruben Laurensus Baringbing selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, selain untuk memeriahkan K3 Nasional. Kegiatan ini kita buka secara umum. Jadi disini semua mitra perusahaan dan masyarakat tergabung jadi satu.

Lebih lanjut Ruben menjelaskan, untuk jalur Funbike dengan jarak 40 Kilometer diisi kurang lebih 900 peserta. Dari 900 peserta tersebar di seluruh kalimantan salah satunya ada yang dari Kalimantan Timur dan Daerah Kotabaru.

Sedangkan untuk jalur yang dilewati oleh para peserta, Pihak Panitia juga telah menyiapkan jalur bisa dibilang lumayan Extreme.

“Ada challenge track yang sangat menguras tenaga dan ada juga jalur santai, tinggal mereka saja yang mengatur tenaga masing masing”, jelas Ruben.

Perlu diketahui juga untuk para peserta termuda ada sekitar 15 tahun dan yang tertua ada kurang lebih 40 tahun. Salah satu syarat untuk mengikuti ini mereka harus membawa surat keterangan kesehatan dari berbagai tempat kesehatan.

Tak sampai cukup disitu saja, Disini juga kita telah menyediakan pengecekan kesehatan kembali terhadap para peserta guna menghindari hal yang tak diinginkan. Artinya mereka memang harus benar benar sehat dalam mengikuti event ini.

Jika peserta ada yang tidak lolos uji kesehatan, Maka pihaknya harus membatalkan peserta yang dinyatakan tidak lolos mengikuti kegiatan ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Benito Rama ketua Panitia Pelaksana Funrun saat didampinggi Anto C.H Sekertaris pelaksana.

Benito Rama mengatakan,”Untuk Funrun  ada 2 Kelas denga  jarak yaitu 5K dan 10K.
Pesertanya ada kurang lebih  350 orang”.

Sedangkan Rute yang dituju. Kita turut menonjolkan seputaran Wisata objek pantai Angsana dan dermaga. Kami juga dari panitia telah menyiapkan hadiah  berupa Jersey nomor dada dan medali kepada seluruh peserta.

Ditambahkan, “ada juga hadiah Khsusu kepada peserta yang Finis di nomor 1,2,dan 3 akan mendapatkan mendali dengan kategori pria dan perempuan dengan Jumlah 12 medali juara, ” Imbuh Benito.

Sementara itu, Pjs Kades Angsana Sayid Firdaus mengatakan
Kami menyambut sangat baik dalam penyelengaraan ini. Ada Peningkatan lonjakan beberapa persen dari jumlah pengunjung yang tak seperti biasanya.

“Terjadi lonjakan Pengunjung dilokasi pariwisata pantai angsana dengan digelarnya kegiatan tersebut, ” Kata Sayid Firdaus.

Tak hanya itu, penjualan produk UMKM yang dikeloka masyarakat juga terjadi peningkatan.

“Ia juga berharap, semoga event seperti ini kedepannya dapat dilaksanakan kembali di lokasi wisata pantai Angsana tentunya dengan suasana lebih meriah, ” Imbuh Sayid Firdaus.

Untuk diketahui dalam acara tersebut disediakan berbagai macam doorprize berupa sepeda gunung dan hadiah lainya yang disiapkan oleh panitia untuk para peserta acara tersebut.

Khairi Salah seorang peserta funbike asal dari Kabupaten Hulu sungai mengungkapkan, jalur yang digunakan tempuh funbike tergolong exktrim dan menguras tenaga.

“Jalur yang dilalui di funbike kali ini bisa dikatakan exktrim dan menguras tenaga, tapi sangat asik, ” Ungkap Khairi.”

“Semoga tahun depan PT. BIB mengelar kegiatan seperti ini lagi tentunya dengan lebih meriah lagi, ” Imbuhnya. (**/red)