Obsesinews.com, Tanah Bumbu- Tim Departemen Environment & Reklamasi PT Borneo Indobara (PT BIB) baru-baru ini menggelar serangkaian acara bertema lingkungan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2024 lalu itu dimulai dengan kegiatan seminar dan workshop bertajuk “Gerakan Kelola Sampah dari Rumah”.

Seminar tersebut menghadirkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu serta komunitas pemerhati lingkungan, Putik Bersih.

Adapun materi yang disampaikan meliputi pemilahan sampah rumah tangga dan cara pengelolaan sampah menjadi nilai komersil, serta teknik pembuatan kompos dari sampah organik.

Kehadiran masyarakat Desa Mekarjaya dan Desa Karang Indah dalam acara tersebut menggambarkan antusiasme yang tinggi terhadap upaya peningkatan kesadaran lingkungan. Warga juga berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin tiap tahunnya.

Rangkaian acara Hari Peduli Sampah Nasional berlanjut pada tanggal 29 Februari 2024 dengan Aksi Bersih Pantai. Karyawan, mitra kerja PT Borneo Indobara, dan masyarakat sekitar turut serta dalam aksi ini di Pantai Angsana.

GM Corporate Social Responsibility PT BIB, Dindin Makinuddin, menyatakan, bahwa aksi ini merupakan bukti konkret dari kepedulian perusahaan untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama di area wisata Pantai Angsana.

“Masyarakat juga secara sukarela juga ikut berkontribusi aktif menjaga kebersihan. Antusiasme itu terbukti dengan total sampah yang dapat di kumpulkan sejumlah 504,8 Kg,” jelasnya, Rabu (06/03/2024).

Pada akhir acara, dilakukan penyerahan secara simbolis tempat sampah dan rambu larangan membuang sampah sembarangan dari PT Borneo Indobara kepada pengurus obyek wisata Pantai Angsana. (**/Red)