Obsesinews.com, Jakarta – PT Borneo Indobara (BIB) meraih prestasi gemilang dalam upaya pembangunan desa dan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Prestasi dalam CSR dan PDB Award ini diberikan oleh Indonesia Social Sustainability Forum (ISSF) pada acara bergengsi yang diadakan di Hotel Westin, Jakarta, pada Rabu (07/05).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), A. Halim Iskandar.

PT BIB menerima 12 penghargaan, dimana 5 penghargaan kategori Gold (tertinggi) 3 penghargaan kategori silver dan 1 penghargaan kategori outstanding, serta 1 penghargaan the best achievement gold.

Selain itu, juga ada 2 penghargaan peseorangan excellent (tertinggi) yang diberikan kepada Dindin Makinudin (GM Empowerment & Sustainability PT BIb) dengan nilai 93,79 dan Silvyna Aditia (Empowerment & Development Dept Head PT BIB) dengan nilai 90,32.

Ditambah dengan 1 penghargaan perseorangan kategori outstanding atas nama Sundari Puji Rahayu (Local Hero) dengan nilai 89,55.

Dalam acara tersebut, PT BIB turut mengajak langsung beberapa Kepala Desa yang menjadi bagian dari program CSR mereka.

“Ini merupakan salah satu bentu apresiasi PT BIB terhadap Kepala Desa yang memang mensupport program CSR di desa masing-masing untuk kesejahteraan masyarakat di desanya,” ungkap Dindin Makinudin selaku GM Empowerment & Sustainability PT BIB, Rabu (08/05/2024).

Selain Dindin, perwakilan dari PT BIB sendiri yang hadir diantaranya Silvyna Aditia selaku Department Head Empowerment & Development, R. Lington selaku Department Head External, dan Bilqis Nabila selaku PMO Divisi.

Sementara desa yang turut berhadir dalam penghargaan tersebut, seperti Desa Angsana, Desa Bunati, Desa Karang Indah, Desa Banjarsari, dan Desa Mekarjaya, mewakili beragam program CSR PT BIB seperti program nelayan, pabrik pakan, hingga interkoneksi air bersih.

Kemudian untuk Desa Mekarjaya dan Desa Bunati tidak dapat menghadiri acara dikarenakan adanya kunjungan dari dinas pemerintah yang harus dihadiri oleh kepala desanya masing-masing.

Penghargaan nasional yang diraih PT BIB ini menjadi bukti keberhasilan program CSR mereka yang sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), terutama SDGs desa.

Pada saat penilaian program CSR, PT BIB dihadapkan dengan juri-juri dari berbagai pihak antara lain dari kemendes, dari kementan, kemenparekraf, dari ISSF sendiri, dari akademisi dan masih banyak lainnya.

“Dimana penilaian program CSR ini dilakukan oleh juri dari berbagai instansi pemerintah dan lembaga independen, termasuk kunjungan lapangan dan wawancara dengan masyarakat yang menerima manfaat,” sambung Dindin.

Dengan penghargaan CSR dan PDB Award ini, PT BIB telah menegaskan komitmennya dalam berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal dan nasional.

Sebelumnya pada awal tahun, PT BIB juga meraih penghargaan “Indonesia Green Award”. Hal ini mengukuhkan posisi perusahaan yang juga peduli terhadap program berbasis lingkungan dan berkelanjutan.