Kenalkan Maskot, KPU Tanbu Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka menuju Pilkada Serentak se-Indonesia yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024, KPU Tanah Bumbu (Tanbu) mengadakan Peluncuran (Launching) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2024.

Acara ini berlangsung di halaman Gedung Mahligai Bersujud Kapet, pada Minggu (02/06/2024) malam.

Ketua KPU Tanbu, Puryadi, dalam sambutannya menjelaskan tahapan persiapan yang telah dilakukan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia menyebutkan bahwa pada 16 Mei lalu, telah dilaksanakan pelantikan 60 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 12 kecamatan. Selain itu, pada 26 Mei, sebanyak 471 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 157 desa juga telah dilantik.

“KPU Tanbu siap melanjutkan tahapan pemilu selanjutnya, yakni perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di lapangan sebanyak 937 petugas,” ujar Puryadi.

Puryadi juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan meminta dukungan dari seluruh pihak terkait dalam proses pilkada di Tanbu.

Pada kesempatan tersebut, KPU Tanbu juga meluncurkan maskot Pilkada Tanbu yang dinamakan Si Mata Bulat, Suara Hati Masyarakat Tanah Bumbu yang Berdaulat.

Maskot ini terinspirasi dari ikan tenggiri, sebagai simbol dinamisme, yang menggambarkan harapan agar masyarakat Tanah Bumbu dinamis dalam menentukan hak pilihnya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi penanda dan sosialisasi kepada masyarakat Tanbu bahwa Pilkada telah berjalan sehingga masyarakat dapat menentukan hak pilihnya,” tambah Puryadi.

Sementara itu, Ketua KPU Kalimantan Selatan, Andi Tenri Sompa, dalam sambutannya berharap seluruh pihak dan masyarakat dapat membantu menjaga harmonisasi di Tanah Bumbu.

“Mudah-mudahan pian berataan yang hadir disini dapat menjadi penerus ke keluarga bahwa 27 November 2024 nanti kita ramai-ramai menuju TPS untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati secara damai dan harmonis,” katanya.

Acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka, Bawaslu, Kesbangpol, perwakilan partai politik, PPK, PPS, dan tamu undangan lainnya. (*/Red).