Job Fair 2024 di Tanbu, Buka Peluang Kerja Tenaga Kerja Lokal

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan Job Fair 2024.

Acara ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 3 hingga 5 Juni 2024, bertempat di Taman Education Park, Kecamatan Simpang Empat.

Kepala Disnakertrans Tanah Bumbu, Kadri Mandar, melaporkan bahwa terdapat 217 lowongan kerja yang ditawarkan oleh 21 perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Ia menyebut sebelumnya Pemkab Tanbu juga menyelenggarakan Job Fair pada tahun 2022 yang diadakan pasca pandemi.

“Ini memang sudah kita rancang, dan agenda Job Fair ini memang kita gelar secara rutin di Tanah Bumbu,” katanya dalam kegiatan pembukaan, Senin (03/06/2024).

Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, melalui Asisten Perekonomi Pembangunan, Eryanto Rais, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar perusahaan-perusahaan di Tanah Bumbu dapat lebih mengoptimalkan tenaga kerja lokal.

Berbagai posisi lowongan kerja tersedia pada Job Fair 2024 kali ini, mulai dari posisi front office, housekeeping, bellboy (driver), admin, desain grafis, welder hingga security.

Posisi yang ditawarkan juga beragam berdasarkan kualifikasi pendidikan, mulai dari tamatan SMU, SMA, SMK, Diploma hingga Sarjana.

Langkah ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak pencari kerja dari berbagai latar belakang pendidikan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Tanah Bumbu, tingkat pengangguran terbuka di Tanah Bumbu terus mengalami penurunan yang signifikan setiap tahunnya.

Pada tahun 2021, tingkat pengangguran terbuka tercatat sekitar 8,83 persen, kemudian menurun menjadi 6,89 persen pada tahun 2022, dan kembali turun menjadi 6,56 persen pada tahun 2023.

“Kabupaten Tanah Bumbu tingkat kesempatan kerjanya juga meningkat hingga 94,56 persen, diikuti dengan tingkat partisipasi angkatan kerja yang mencapai 67,55 persen,” ungkap Eryanto.

Diharapkan upaya oleh Pemerintah Daerah ini dalam mengurangi angka pengangguran sekaligus meningkatkan kesempatan kerja melalui pelaksanaan Job Fair. (*/Red).