Para Peternak Dalam maupun Luar Daerah Sangat Antusias Sambut Kontes Kambing yang Diadakan Polres Tanbu

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Kontes Kambing yang diadakan oleh Polres Tanah Bumbu menarik antusiasme para peternak dan pemilik kambing, baik dari Tanah Bumbu maupun luar daerah seperti Banjarmasin.

Kapolsek Batulicin, Ipnu Kusnin, yang juga merupakan panitia penyelenggara, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, termasuk Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanah Bumbu, atas dukungan mereka dalam menyukseskan acara ini.

Ipnu Kusnin menyatakan bahwa event ini adalah bentuk penghargaan bagi peternak kambing di Tanah Bumbu khususnya, dan Kalimantan Selatan pada umumnya.

“Ini menjadi wadah silaturahmi peternak dalam rangka meningkatkan kualitas produksi ternak dan menjaga ketahanan pangan protein hewani di Tanah Bumbu,” katanya, Minggu (23/06/2024).

Ia juga menyoroti bahwa kebutuhan hewan ternak di Tanah Bumbu masih kurang, sehingga sering didatangkan dari luar daerah seperti Jawa, Sulawesi, dan Sumatera.

Menurutnya, sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) di Tanah Bumbu sangat mendukung pengembangan peternakan kambing, sehingga kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk memanfaatkan potensi tersebut.

H. Johan, pemenang juara 1 kategori ekstrem, menyampaikan kebanggaannya saat diwawancarai.

Ini merupakan pertama kalinya ia mengikuti kontes kambing, dan kambingnya yang berbobot 104 kilogram berhasil meraih juara.
Adapun kategori ekstrem dinilai berdasarkan bobot kambing.

Pria yang juga memiliki lebih dari 100 kambing itu berharap agar lebih banyak event serupa sering digelar di Tanah Bumbu.

“Semoga membangkitkan gairah peternak dan kita berharap dapat memperluas ternak sehingga mendukung ketahanan pangan di Tanah Bumbu,” harapnya. (*/Red).