Varietas Unggulan Binjai Cita Rasa Manis Tanbu Terdaftar Sebagai Varietas Binjai Kusan Manis

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Kabupaten Tanah Bumbu kini memiliki varietas unggulan binjai dengan cita rasa manis, berbeda dari binjai pada umumnya yang cenderung masam.

Varietas ini, yang dikenal dengan nama “Binjai Kusan Manis,” telah mendapatkan Tanda Daftar Varietas dari Kementerian Pertanian sebagai Varietas Lokal Tanah Bumbu.

“Alhamdulillah, Binjai manis Tanah Bumbu sudah terbit Tanda Daftar Varietas dari Kementerian Pertanian sebagai Varietas Lokal Tanah Bumbu dengan nama varietas Binjai Kusan Manis,” ujar Robby Candra, Kepala Bidang Tanam Pangan dan Hortikultura DKPP Tanah Bumbu, Jumat (21/06/2024).

Ia menambahkan bahwa langkah selanjutnya adalah mendaftarkan varietas tersebut untuk izin edar. Hal ini dilakukan untuk mendukung pengembangan tanaman binjai Kusan Manis agar semakin dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kedepannya, kita akan daftarkan untuk izin edar varietas tersebut untuk pengembangan tanaman binjai Kusan Manis,” jelasnya.

Dengan adanya pengakuan ini, diharapkan para petani di Kabupaten Tanah Bumbu dapat menjaga dan melestarikan varietas binjai Kusan Manis.

Varietas ini tidak hanya menjadi kebanggaan daerah tetapi juga memiliki potensi ekonomi yang besar bagi para petani lokal.

Ia berharap seluruh petani di Tanah Bumbu dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian varietas ini.

Dengan demikian, binjai Kusan Manis dapat terus tumbuh dan menjadi salah satu komoditas unggulan dari Tanah Bumbu. (*/Red).