Pemkab Tanbu Berencana Menata Ulang Kios Pedagang di Pasar Minggu

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskumdagri) berencana melakukan penataan ulang atau relokasi kios pedagang di Pasar Minggu, Kecamatan Simpang Empat.

Langkah ini diambil untuk mempercantik kawasan pasar yang saat ini dianggap kurang mencerminkan standar pasar kabupaten.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Diskumdagri Tanah Bumbu H. Hamaluddin Tahir, melalui Plh Kepala Dinas Drs. Akhmad Syarwani, didampingi oleh Kabid Sarana dan Prasarana Tri Wahyudi, di ruang kerjanya pada Rabu (17/07/2024).

Ia menjelaskan bahwa penataan ulang ini direncanakan akan dilakukan secara bertahap mengingat keterbatasan anggaran yang tersedia. Salah satu langkah utama yang akan diambil adalah menggeser sejumlah kios dari area depan ke area belakang pasar.

Dirinya tidak menampik adanya tanggapan pro dan kontra dari masyarakat sekitar akibat dari wacana ini, namun pihaknya menegaskan langkah tersebut diambil demi meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Maksud dan tujuan kami demi membangun perekonomian masyarakat itu sendiri, bukan menghalangi rezeki warga. Kami akan membangun area baru terlebih dahulu, kemudian memindahkan para pedagang ke tempat yang telah kami bangun,” ungkapnya.

Selain itu, Diskumdagri juga telah menyiapkan sejumlah rencana termasuk master plan yang mencakup pembangunan area parkir portal dan pemindahan pos polisi.

Hal ini diharapkan dapat membuat Pasar Minggu terlihat lebih maju dan rapi sehingga dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Bahkan sejauh ini, Diskumdagri juga telah menganggarkan sejumlah proyek demi menjaga keindahan pasar seperti pengecatan bangunan, hingga pemeliharaan drainase dan pagar pasar.

Ia menambahkan bahwa dengan keterbatasan anggaran, pihaknya masih belum bisa memastikan kapan proyek relokasi akan terealisasi. Namun, dia berharap agar proyek ini dapat segera terwujud demi meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Terlebih dengan Kabupaten Tanah Bumbu yang berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN), perlu adanya peningkatan ekonomi untuk lebih memajukan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (*/Red).