BPBD Tanah Bumbu Gelar Rakor Guna Pembentukan Tim Jitupasna

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar rapat koordinasi untuk membentuk tim pengkajian kebutuhan pascabencana (Jitupasna) belum lama ini.

Rapat tersebut dilaksanakan di ruang rapat BPBD Tanah Bumbu pada Selasa (06/08/2024) dihadiri oleh berbagai instansi terkait serta para camat.

Rapat ini merupakan respons terhadap bencana banjir yang melanda Bumi Bersujud pada tahun 2024, yang menimbulkan berbagai kerusakan dan kerugian di wilayah tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, H. Sulhadi, menekankan pentingnya penetapan data kerusakan dan kerugian sebagai dasar perencanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.

“Perlu terlebih dahulu menetapkan data kerusakan dan kerugian yang akan dijadikan dasar sebagai rencana rehabilitasi dan rekonstruksi akibat dampak bencana banjir yang ditimbulkan,” ujar H. Sulhadi, Senin (12/08/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media dalam melaksanakan penilaian akibat, analisis dampak, serta perkiraan kebutuhan melalui tahapan pelaksanaan Jitupasna.

Selain itu, hasil dari kajian ini diharapkan dapat menjadi landasan berbasis bukti dalam penyusunan rencana rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.

Kalak juga mengharapkan agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan Kecamatan dapat memberikan informasi atau laporan mengenai kondisi di wilayah mereka masing-masing.

“Diharapkan dari kegiatan ini, semua SKPD terkait juga Kecamatan bisa memberikan info atau berita yang terjadi di wilayahnya, serta bidang sektor apa saja yang terdampak pascabencana, agar bisa menyamakan atau menyelaraskan data,” tambahnya. (*/Red).