Hj Wahyu Windarti Hadiri Pertemuan Surveilans Gizi Lintas Sektor dan Lintas Program

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti, turut hadir dalam Pertemuan Surveilans Gizi Lintas Sektor dan Lintas Program yang digelar di Gedung TP PKK Kapet Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (14/08/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Bumbu, dan dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang berasal dari berbagai instansi lintas sektoral, termasuk Kepala SKPD, TP PKK, Puskesmas, serta Badan Lainnya.

Dalam sambutannya, Hj Wahyu Windarti menekankan pentingnya koordinasi antara lintas sektor dan program dalam mencapai target penurunan stunting pada tahun 2024.

Ia menyampaikan bahwa percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tanah Bumbu harus dilakukan secara efektif dan terintegrasi dengan melibatkan seluruh sektor terkait di lingkup pemerintahan.

“Kegiatan surveilans gizi ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi penting dalam upaya pengambilan tindakan yang tepat. Ini juga membantu lintas sektor dan program dalam mengevaluasi kinerja pembinaan gizi masyarakat serta intervensi yang akan dilakukan,” ujar Hj Wahyu Windarti.

Sekretaris Dinkes Tanah Bumbu, dr Arman Jaya Ricky, yang mewakili Kepala Dinkes, dr Muhammad Yandi Norjaya, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran situasi, analisis, serta strategi dalam menyelesaikan masalah stunting dan gizi di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dr Arman menekankan perlunya koordinasi yang kuat untuk mencapai target penurunan stunting pada tahun 2024.

Sementara itu Kepala DP3AP2KB Tanah Bumbu, Erli Yuli Susanti, turut menyambut baik pertemuan ini sebagai langkah strategis dalam upaya pencegahan peningkatan angka stunting di wilayah tersebut.

Ia menyatakan bahwa hasil pengukuran intervensi serentak di Tanah Bumbu telah mencapai 100 persen, namun tantangan dalam menangani stunting dan masalah gizi masih harus terus diatasi.

Erli berharap bahwa pertemuan ini dapat memotivasi dan memberikan semangat bagi semua pihak yang terlibat dalam upaya penurunan stunting di Tanah Bumbu.

Hj Wahyu Windarti juga mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam upaya ini dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya secara menyeluruh dan konvergen.

“Ini semua demi lahirnya generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, kreatif, dan produktif, yang akan mendukung kesuksesan bangsa di masa depan,” tegasnya. (*/Red).