BPBD Laksanakan Rakor Kesiapsiagaan Dalam Hadapi Bencana

Obsesinews.com, Tanah Bumbu — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengadakan rapat koordinasi (rakor) kesiapsiagaan menghadapi bencana di ruang rapat Bupati Tanah Bumbu belum lama ini.

Rapat dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, H Eka Sapruddin.

Dalam sambutannya, Asisten menyoroti pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana, mengingat seringnya terjadi banjir dan tanah longsor saat musim hujan, serta kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau.

“Perlunya kesiapan untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Baik pemerintah, perusahaan, maupun pihak swasta harus siap membantu penanggulangan bencana,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa persiapan yang matang dari segi peralatan, personil, dan materi sangat penting karena bencana adalah tanggung jawab bersama.

Pemerintah daerah, lanjutnya, sangat berterima kasih atas kerja sama yang telah terjalin baik dengan pihak TNI/Polri, perusahaan, komunitas, dan relawan yang selama ini aktif membantu dalam penanggulangan bencana di Tanbu.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, H Sulhadi, menekankan bahwa rapat ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait dalam upaya penanggulangan bencana di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kami berharap melalui forum ini, seluruh elemen di Tanbu dapat terkoordinasi dengan baik untuk mengurangi risiko bencana dan tanggap saat bencana terjadi,” ujar Sulhadi.

Selain itu momen ini diharapkan dapat memperkuat kesiapsiagaan seluruh pihak di Kabupaten Tanah Bumbu dalam menghadapi kemungkinan bencana di masa mendatang, sehingga risiko bencana dapat diminimalisir dan penanggulangan dapat dilakukan dengan lebih efektif.

Rapat yang digelar pada Jumat (27/08) tersebut dihadiri oleh berbagai instansi terkait, termasuk TNI/Polri, Kejari, para Camat, Pos Unit SAR Batulicin, Manggala Agni, KPH Kusan, perusahaan-perusahaan, Pramuka, PMI, Relawan PKJR Tanbu, serta organisasi komunikasi radio seperti Orari dan RAPI. (*/Red).