Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional, Pemkab Tanbu Usung Tema Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Selasa (10/09/2024).

Mengusung tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”, kegiatan ini sekaligus menjadi momen peluncuran Pelayanan KB Serentak dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2024.

Acara ini dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Tanbu H. Ambo Sakka, Kepala Dinas P3AP2KB Erli Yuli Susanti.
Turut serta berhadir kepala dinas, camat, kepala desa, TP-PKK, dan sejumlah instansi vertikal.

Dalam sambutannya, Bupati Zairullah menekankan pentingnya peran keluarga dalam membangun ketahanan nasional dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Hari Keluarga Nasional ini adalah perwujudan dari pentingnya arti keluarga dalam memperkuat ketahanan nasional. Keluarga merupakan institusi terkecil dalam masyarakat yang memegang peranan besar dalam membentuk budaya, karakter perilaku, serta menciptakan SDM yang berkualitas,” kata Zairullah.

Tema Harganas tahun ini, “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045, di mana negara menghadapi bonus demografi dengan 60 persen penduduk berada dalam usia produktif.

Zairullah menegaskan, kunci mencapai Indonesia Emas 2045 adalah melalui pembangunan SDM, yang dimulai dari keluarga sebagai sekolah pertama bagi anak-anak.

Oleh sebab itu, acara ini juga menjadi sarana Pemkab udalam menunjukkan komitmen dalam mengatasi berbagai permasalahan seperti stunting, kemiskinan, dan pengangguran.

Zairullah menyoroti pentingnya peran keluarga dalam mengatasi masalah-masalah tersebut, dengan fokus khusus pada penurunan angka stunting di Tanah Bumbu, yang menjadi salah satu program prioritas daerah.

“Momentum Hari Keluarga Nasional ini juga menjadi alarm bagi kita semua untuk menangani masalah-masalah kependudukan seperti stunting, kemiskinan, dan pengangguran. Pemerintah Daerah terus berupaya memperkuat peran keluarga dan mendukung program-program pemerintah pusat, termasuk program penurunan stunting,” tambahnya.

Bupati Zairullah mengimbau kepada seluruh Kepala Desa untuk berperan aktif dalam mengatasi stunting dan melaksanakan amanah dengan sungguh-sungguh.

Melalui peringatan Harganas, masyarakat Bumi Bersujud diharapkan lebih menyadari pentingnya peran keluarga dalam pembangunan bangsa dan bahaya stunting bagi masa depan generasi muda.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan kepada sejumlah pihak yang berperan aktif dalam dalam pelayanan kesehatan dan juga meninjau pelaksanan pemasangan implant KB. (*/Red).