Bakesbangpol Gelar Road Show Forum Kerukunan Umat Beragama Guna Dorong Kerukunan dan Toleransi

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar Road Show Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Kecamatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama dan mendorong kerukunan serta toleransi antar berbagai elemen masyarakat.

Dalam kegiatan di Aula Kecamatan Kuranji, Kamis (12/9/2024), Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Kuranji turut hadir membuka kegiatan.

Kuranji, sebagai wilayah yang dihuni oleh beragam suku dan agama, termasuk Islam, Hindu, Kristen Protestan, dan lainnya, dikenal sebagai “Kampung Toleransi” karena masyarakatnya hidup rukun tanpa konflik antar suku, agama, maupun ras.

Pada acara tersebut, juga ditekankan pentingnya peran tokoh masyarakat dan agama dalam menjaga kondusivitas menjelang Pilkada 2024. Tokoh-tokoh ini memiliki tanggung jawab untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pelaksanaan Pilkada yang sesuai dengan aturan dan undang-undang.

Empat ancaman utama Pilkada yang diwaspadai adalah politik identitas dan SARA, politik uang, netralitas ASN, serta ujaran kebencian dan disinformasi.

Untuk mengatasi hal ini, FKUB memiliki empat strategi utama dalam mewujudkan Pilkada yang aman dan damai: mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan, menekan sentimen perbedaan agama atau aliran, mempromosikan moderasi beragama, dan menolak ekstremisme.

Selain itu, pentingnya menjaga etika politik di kalangan umat beragama serta mengedepankan mediasi sebagai solusi dalam menyelesaikan masalah turut menjadi pesan utama dalam road show ini.

Dengan strategi ini, diharapkan tercipta Pilkada yang aman, damai, dan demokratis di Kabupaten Tanah Bumbu. (*/Red).