DKUMP2 Gelar Pelatihan Akses Permodalan bagi UMKM Selama 2 Hari

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan, dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pelatihan bertajuk “Akses Permodalan bagi UMKM” di Guest House Sunrise Simpang Empat, Selasa (01/10/2024).

Pelatihan ini diadakan selama dua hari mulai 1 hingga 2 Oktober 2024 sebagai bagian dari program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

Pembukaan acara dilakukan oleh Rhani Patih, Kepala Bidang Koperasi Usaha Mikro yang mewakili Kadis Diskumdagri Hamaluddin Tahir.

Dalam sambutannya, Rhani sebagai Ketua Panitia Pelaksana, menjelaskan bahwa tujuan utama pelatihan ini adalah membantu pelaku UMKM dalam mengakses permodalan melalui perbankan, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selain itu, peserta juga dibekali dengan pengetahuan tentang manajemen arus kas usaha agar dapat lebih terkontrol.

Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta UMKM dan menghadirkan narasumber dari Bank Kalsel, BPJS Ketenagakerjaan, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Program ini difokuskan pada pengembangan UMKM dan peningkatan kapasitas mereka untuk berkontribusi lebih besar dalam perekonomian lokal.

Oleh sebab itu, peserta diharapkan dapat meningkatkan skala usaha mereka, dari usaha mikro menjadi usaha kecil, melalui pengembangan di bidang produksi, pengolahan, pemasaran, Sumber Daya Manusia, desain, dan teknologi.

“Kami berharap pelatihan ini dapat menjadi solusi bagi para pelaku usaha mikro dalam memenuhi kebutuhan modal usaha, sehingga mereka dapat mengembangkan usahanya dengan lebih terarah dan berkelanjutan,” pungkas Rhani. (*/Red).