Sekda Tanbu Hadiri FGD Terkait Pengelolaan Anggaran Pemerintah Kalsel 2024

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka menghadiri Forum Group Discussion (FGD) mengenai pengelolaan anggaran pemerintah daerah lingkup Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024 di Aula S. Parman, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalsel, Selasa (08/10/2024).

Turut berhadir seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) dan perwakilan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

Tujuan acara FGD ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran daerah, termasuk tata kelola anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) serta penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah.

Acara ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai tahapan penganggaran hingga penatausahaan APBD, serta membahas langkah-langkah dalam menghadapi akhir tahun anggaran.

Selain itu, FGD ini mendukung peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai Regional Chief Economist dan Financial Advisor bagi pemerintah daerah di wilayah Kalsel.

Dua narasumber utama yaitu Agung Widiadi selaku Direktur Sistem Informasi dan Pelaksanaan Transfer, serta Agus Dian Nur selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan yang mewakili Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, dengan sesi diskusi yang dipandu oleh Syafriadi selaku Kepala Kanwil DJPb Kalsel.

Dalam sesi tanya jawab, Sekda Tanah Bumbu, Ambo Sakka, menyampaikan beberapa permasalahan yang dihadapi daerahnya. Dimana ia menyoroti masalah stunting serta penggunaan dana pendidikan yang dinilai kurang tepat sasaran. Sekda berharap permasalahan ini dapat dibahas dan diselesaikan bersama dalam forum-forum seperti ini.

Di penghujung acara, dilakukan penyerahan penghargaan berupa insentif fiskal dan buku Government Finance Statistics (GFS) kepada masing-masing kabupaten dan kota. (*/Red).