BPBD Tanbu Berikan Materi Kebencanaan Kepada Anggota Pramuka Diklatsar Survival Dasar

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) memberikan materi kebencanaan kepada puluhan anggota Pramuka dalam kegiatan Diklatsar Survival Dasar yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan yang berlangsung di Desa Salimuran, Kecamatan Kusan Hilir pada Sabtu (12/10/2024) ini menghadirkan Kepala Sub Pencegahan BPBD, M Ahsani Fauzan, dan Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Syamsul Anwar, sebagai narasumber.

Kalak BPBD Tanbu H. Sulhadi melalui Kepala Sub Pencegahan menjelaskan bahwa pemberian materi dasar kebencanaan ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan anggota Pramuka dalam menghadapi situasi bencana.

“Organisasi Pramuka memiliki peran strategis dalam membantu penanggulangan bencana, baik saat bencana terjadi maupun pascabencana,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya bekal pengetahuan ini, diharapkan anggota Pramuka semakin paham akan pentingnya kesiapsiagaan serta teknik penyelamatan dan evakuasi yang tepat. “Kita harus memastikan keselamatan diri sendiri ketika menolong orang lain agar tidak menjadi korban bencana,” ujar Fauzan.

BPBD Tanbu juga berharap agar anggota Pramuka terus bersinergi dan memberikan dukungan penuh dalam penanganan bencana di daerah.

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya BPBD Tanah Bumbu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana, khususnya melalui organisasi Pramuka yang dinilai memiliki potensi besar dalam mendukung kesiapsiagaan dan respons bencana. (*/Red).