Suasana Pelantikan panitia dan sekolah penyelenggara US & UN kab. Madiun

Obsesinews.com,Madiun- Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos Melantik Panitia Dan Sekolah Penyelenggara Ujian Nasional Smp/Mts Dan Pendidikan Kesetaraan Paket B /Wustha, Program Paket C Serta Ujian Sekolaah/Madrasah Sd/Mi, Program Paket /Ula Kab.Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017 Jajaran Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Madiun Di Gedung Dwija Hayu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Madiun, Rabu (29/3).
Ikut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Madiun, Kapolres Madiun, Kepala kemenag kab.Madiun, Kadin Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Madiun, Dewan Pendidikan Kab.Madiun, Panitia Penyelenggara ujian Nasional dan Ujian Sekolaah /Madrasah.

Perlu diketahui UN saat ini digunakan pemerintah sebagai salah satu dasar untuk : pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional denan mengacu pada standar kompetensi lulusan,pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan .

Sedangkan Ujian Sekolah/madrasah digunakan untuk : penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, pertimbangan seleksi masuk satuan pendidikan berikutnya, pemetaan mutu satuan pendidikan , pembinaan dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Penandatangan surat keputusan Bupati Madiun

Adapun Jumlah Peserta Ujian Nasional SMP/MTSs dan Ujian Sekolah /Madrasah Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017 sebagai berikut : Jumlah Peserta SD/MI,SDLB : 9064 siswa, MTs: 833 siswa, SMP/MTs (UNBK): 7003 siswa, Paket B dan C : 348 siswa, dan totalkeseluruhan 17.248 siswa. Sedang kebutuhan pengawass Ruang ujian Sekolah /madrasah (US/MI) SD Sederajat dan Ujian Nasional(UN) SMP sederajat, Kab.madiun tahun Pelajaran 2016/2017 diantaranya: untuk pengawas ujian sekolah /madrasah (US/M) SD sederajat Â± 1.342 pengawas dengan jumlah ruang Â± 671 ruang, dan untuk pengawas Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Â±294 pengawas dengan Â±199  ruang.
Oleh karena itu Bupati Muhtarom menyampaikan dalam sambutannya,” agar diperlukan berbagai upaya strategis sebagai terobosan alternaative dalam mempersiapanmental para siswa guna menghadapi Unas dan Ujian Sekolah baik dalam bentuk ujian intensif maupun uji coba  Ujian sekola dan try out. Selain itu Bupati madiun (mbah tarom) juga menegaskan bahwa ujian nasional dan ujian sekolah /madrasah perlu dilaksanakan sebagai saalah satu indikator guna mengukur keberhasialn tingkat pendidikan secara nasional.

Dan di akhir sambutannya Bupati Madiun Muhtarom mengingatkan Kepada Panitia penyelenggara Ujian Sekolah/Maddrasah dan Ujian Nasional agaar senantiasa berpedoman pada POS Ujian Nasional, Ujian Sekolah Madrasaaah. Karena salah satu faktor keberhasilan  Ujian Nasional, ujian Sekolaah/Madrasah  tergantung pada panitia penyelenggara. Oleh kaarena itu panitia penyelenggara harus memahami dan menguasai POS yang ditetapkan Badan Standar Nasional pendidikaan (BSNP),”pungkas H.Muhtarom. (**/red)