Sosialisasi cara perawatan luka secara modern di sosialisasikan

Obsesinews.com,Tanah bumbu- 32 tenaga medis baik dokter mau­pun keperawatan di berbagai daerah Kalimantan Selatan, diperkenalkan dengan metode perawatan luka modern yang di gelar­ Certifed Wound Cara Clinical Associate (CWCCA) 2017.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari  dari tanggal 17 Mei hingga 20 Mei 2017. Bertempat di Hotel Surya Kecamatan Simpang Empat Rabu(17/05).

“Peserta yang mengikuti  berlangsung selama 4 hari berturut turut,  para peserta akan diberi metode  pelatihan praktik langsung dari beberapa narasumber ,”ujar Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Tanah Bumbu. Muhammad Ridhani. S.Kep di sela sela acara tersebut.

Tujuannya, ungkap Ridhani, para peserta mampu memberikan asuhan keperawatan pasien dengan luka secara holistik sesuai dengan kewenangan standar yang telah ditetapkan oleh organisasi.

Dikatakan, semua peserta akan dilatih cara mengobati luka secara modern. Tren saat ini adalah merawat luka dengan teknik lembab yang punya banyak kelebihan. 

“Metode ini akan menjadi langkah tepat untuk dijalankan agar jenis luka yang diderita pasien cepat kering dan berangsur membaik,” tuturnya.

Dijelaskan, selama ini perawatan luka dilakukan dengan metode balutan konven­sional yaitu dengan mengganti perban antara satu atau dua hari sekali. Namun, dengan metode baru ini, perban akan dibuka selama tiga hari dan luka yang diderita pasien akan lebih cepat kering.

“Meski  ini masih dalam tahap perkenalan, kami pastikan perawat di Kabupaten Tanah Bumbu dan daerah lainnya akan menggunakan metode ini. Diharapkan  ini  segera  di lakukan aplikasi  dalam  melakukan praktik di sejumlah puskesmas atau rumah sakit pada akhir pelatihan nanti ,” paparnya. (Rel/ red)