Suasana Hari Pertama Diklat Anggota Paskibraka Tanbu

Tanah bumbu- Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke- 73 Tahun 2018 Mulai Menjalani Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat), Di halaman Mahligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat, Kamis (2/8).
Dihari pertama Diklat ini, Paskibraka menerima materi pengenalan diri dan baris berbaris.

Sebagai Pembina Paskibra Angkatan ke 15, Ratna Juwita, dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu, mengatakan peserta Diklat merupakan pelajar terbaik disekolahnya masing-masing yang lolos seleksi Paskibraka.
“Peserta Diklat berasal dari SMA/Sederajat se-Tanah Bumbu. Mereka yang mengikuti Diklat ini adalah pelajar terbaik yang lolos seleksi Paskibraka pada bukan April 2018 yang lalu,” sebutnya.

Menurutnya,” Diklat ini sangat penting dilaksanakan untuk membentuk karakter Paskibra yang tangguh, disiplin, dan cinta tanah air.

Ia menambahkan Paskibraka akan menjalani Diklat selama 18 hari mulai dari tanggal 1-18 Agustus 2018 di Halaman Mahligai Bersujud.

“Selama dua pekan mereka akan menerima materi Diklat seperti  baris berbaris  formasi paskibra, wawasan keagamaan, pembinaan fisik dan mental, disiplin, dan pembentukan karakter cinta NKRI,” sebutnya.

Adapun tujuan dari dilaksanakanya Diklat Paskibra ini adalah untuk menanamkan nilai luhur proklamasi kemerdekaan RI dan cinta tanah air, serta sebagai persiapan melaksanakan pengibaran bendera pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 73 di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Harapannya dengan Diklat ini, pelajar yang tergabung dalam Paskibraka dapat melaksanakan tugasnya dengan terampil, sehingga pelaksanaan HUT Proklamasi berjalan dengan sukses dan lancar,” ucapnya.

Adapun peserta Diklat Paskibraka angkatan ke 15 Tahun 2018 sebanyak 37 orang terdiri dari 20 laki-laki dan 17 perempuan. Sedangkan para pelatih berasal dari Kodim 1022 Tanah Bumbu sebanyak 2 orang dan Polres Tanbu sebanyak 2 orang.

Sementara itu, Rabu (1/8) bertempat di Gedung Sekretariat TP PKK Tanah Bumbu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata  Tanah Bumbu, Hamaluddin Taher membuka Diklat Paskibraka Angkatan ke 15. 

Pembukaan Diklat Paskibraka ditandai dengan penyerahan atribut kepada peserta Diklat.
 

Dalam sambutannya, Hamaluddin mengajak peserta Diklat Paskibra untuk bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan agar pelaksanaan pengibaran bendera pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 terlaksana dengan baik dan lancar.

“Ikutilah pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, jaga kekompakan, dan jaga kesehatan selama menjalani Diklat Paskibraka,” pesan Hamaluddin kepada peserta Diklat. (Rel/red)