Penanaman Pohon Mangrove di Batulicin Oleh OASE KK

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Ibu Wakil Menlu Ny Yasmin AM. Fahri Bersama Ketua Bhayangkari Polri Ny Tri Suswati Karnavian Melaksanakan Kunjungan Kerja Di kabupaten Tanah Bumbu, Senin (11/3).

Dalam Kunjungan Kerja Tersebut Ketua Bhayangkari Pusat Bersama Ibu Wamenlu RI Merupakan Sebagai Utusan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) Yang Juga Diketuai Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk turun langsung kedaerah sebagai inisiator penanaman pohon mangrove guna mencegah abrasi serta bencana gelombang laut maupun tsunami.

Tampak hadiri dalam acara yang bertema “Penanaman Mangrove Untuk Pemulihan Das, Mitigasi Bencana Dan Perubahan Iklim” diantaranya Danrem 101/Ant Kolonel Inf M. Syech Ismed S.E,M.Han besama Ketua Persit Korcab Korem 101/Ant Ibu M. Syech Ismed, Ketua PKK Prov. Kalsel Ibu Hj. Raudhatul Jannah, Dir Polairud Kalsel Kombes I Made Suka Wijaya S.IK,M.Si, Ketua Bhayangkari Polda Kalsel Ibu Hj. Rinny Yazid Fanani, Sekda Prov. Kalsel Abdul Haris, Kadis Kehutanan Prov Kalsel Dr. H. Hanif Faisol N,S. Hut,MP, Bupati Tanbu H. Sudian Noor, Ketua PKK Tanbu Ny Sadariah Sudiannor, Dandim 1022/TNB Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto S.I.Pbeserta Anggota Kodim, Ketua Persit KCK XLIX Kodim 1022/Tnb Ny Femy Kencana Bintarto bersama anggota, Kapolres Tanbu AKBP Kus Subiantoro,S.IK beserta jajaran, Ketua Bhayangkari Polres Tanah Bumbu Ibu Wati Kus Subiyantoro bersama anggota, Danlanal Kotabaru Letkol Laut (E) Joko Andrianto, ST.Tr.Hanla, Sekda Kab. Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, M.Sos. MM, Kadis Lingkungan Hidup Kab. Tanbu Rahmat Prapto Udoyo, S. Hut, MP, Danramil 1022-01/Spe Kapten Inf Suhermansyah, Kapolsek Batulicin Iptu Kristian Safari Nugroho, Dankipan B Yonif 623/Bwu Kapten Inf Pupun Punanjar, Danpos Lanal Batulicin Letda (L) Dianto Septiawan, General Manager PT. ASDP Anang Wahyudi, Jalasenatri Korcab XIII Cabang V DJA-II Kotabaru, jajaran SKPD Kab. Tanah Bumbu, Perwakilan PT. Arutmin Indonesia juga sekitar 1000 orang warga sekitar.

Sambutan Ketua OASE KK Yang disampaikan Ketua Bhayangkari RI Ny Tri Suswati Karnavian

Dalam Sambutan Ketua OASE KK Ibu Negara Iriana Joko widodo yang dibacakan oleh Ketua Bhayangkari Polri Ny Tri Suswati Karnavian mengatakan,” Pada hari ini kita melaksanakan kegiatan penanaman mangrove di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan dan akan livestreaming dengan kegiatan Ibu Negara dari Kabupaten Pandeglang Banten.

“Kegiatan Penanaman Mangrove Bersama Ibu Negara dan OASE ini beranjak dari keprihatinan atas kondisi ekosistem mangrove di indonesia dan memerlukan perhatian serta uluran tangan dari kita semua, baik dari pemerintah, TNI, POLRI, BUMN/BUMS, mahasiswa, dan kaum perempuan,” ungkap Istri Kapolri.

Lebih lanjut dijelaskan,” Dalam Kegiatan penanaman ini, Mengambil Tema “Penanaman Mangrove Untuk Pemulihan Das, Mitigasi Bencana Dan Perubahan Iklim”

“Tema ini diambil karena indonesia memiliki ekosistem mangrove lebih dari 23% total luas mangrove dunia, dan ekosistem mangrove mempunyai peran sangat penting dalam upaya pengendalian perubahan iklim dan mitigasi bencana.

“Kondisi saat ini luas hutan mangrove kita yang rusak telah mencapai 1,81 juta HA dari total 3,48 juta HA. kerusakan mangrove tersebut berdampak pada hilangnya kemampuan menyerap 190 juta Ton CO² tiap tahunnya, dan meningkatnya kerentanan terhadap Abrasi serta bencana gelombang laut/tsunami.

“Hadirin Sekalian,telah kita ketahui bersama bahwa mangrove sangat bermanfaat bagi lingkungan kehidupan manusia antara lain sebagai penyerap polutan, pencegah intrusi air laut, sarana penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam, tempat pemijahan aneka biota laut, pelindung garis pantai dari abrasi dan tsunami, penyedia hasil hutan bukan kayu, serta tempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna ekosistem payau.

“Beranjak dari begitu besarnya manfaat dari penanaman mangrove, maka pengurus OASE mengucapkan banyak terimakasih kepada Kementerian LHK, BPPBD, Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, dan kaum perempuan yang telah menginisiasi terselenggaranya penanaman mangrove dan hutan pantai di Provinsi Kalimantan Selatan selanjutnya provinsi lain akan segera menyusul,” paparnya.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, pengurus OASE mengajak hadirin semua untuk bersama-sama menumbuhkembangkan kesadaran untuk : menjaga kelestarian ekosistem mangrove dan hutan pantai, serta memulihkan ekosistem mangrove yang kondisinya rusak melalui upaya rehabilitasi,” jelas Tri suswati Karnavian.

“Demikian Yang Kami Sampaikan, Selamat bekerja dan berkarya. Semoga Mangrove yang kita tanam hari ini di Batu Licin,Kabupaten Tanah Bumbu dapat memberikan manfaat yang nyata bagi kita semua. Amin YRA sekian, terima kasih,” pungkas Ketua Bhayangkari RI.
Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan Penyerahan Bantuan Bibit, Peralatan Kebersihan,dan Sembako oleh Ibu Yasmin A.M Fachri dan Ibu Tri Suswati Karnavian kepada Masyarakat Secara Simbolis.

Sebagai Ketua OASE KK Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga ingin mengetahui kegiatan di Kab Tanah bumbu secara langsung melalui Teleconference. (Red)