Obsesinews.com, Tanah bumbu -Kabupaten Tanah Bumbu turut memperingati perayaan hari Santri Nasional tahun 2019. Sekaligus perayaan HUT Pondok Pesantren (Ponpes) Az Zikra Darud Da’wah-Irsyad ke 3.

Perayaan ini dipimpin Bupati Tanbu H. Sudian Noor di lapangan Pondok Pesantren (Ponpes) Az Zikra Darud Da’wah-Irsyad Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin, Selasa (22/10/19).

Usai memimpin upacara HUT Santri, Bupati Tanbu menyerahkan secara simbolis 500 Mushaf Al – Qur’an kepada pimpinan Ponpes Az Zikra, Ahmad Care,LC.

“Terimakasih atas bantuan Mushaf Al Quran ini semoga bantuan ini bernilai ibadah dan bermanfaat kerena akan menunjang perkembangan di Ponpes Az Zikra ini, “kata
pimpinan Ponpes Az Zikra, Ahmad Care,LC.

Dia menyebutkan jumlah santri di Pondok pesantren yang dipimpinnya saat ini mencapai 460 santri .Namun tak sebanding dengan yang masuk dan yang keluar.

“Sementara Minat masyarakat untuk memasukkan anak mereka ke Ponpes ini terus bertambah,tahun ini kami menerima 5 lokal untuk tingkat MTs dan 2 lokal untuk MA,” imbuhnya.

Sebelumnya, ditengah upacara perayaan Bupati menyampaikan. Peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

,”Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural,” sebutnya saat membacakan sambutan Menteri Agama RI.

Lanjutnya, dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud.

“Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia,”tandasnya.

Bersamaan itu, Bupati turut membuka pameran sekaligus meresmikan gedung lantai II Ponpes Az Zikra. Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj. Sadariah. Selain itu didampingi Sekda Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem beserta jajarannya serta sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah setempat.

Pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dirangkai dengan sejumlah kegiatan lomba bekerjasma dengan Pemkab Tanbu diantaranya lomba Syair Maulid Habsyi,lomba Adzan,Tahfidz,kaligrafi,Lomba Hafzil Quran dan Lomba Futsal tingkat SD dan SMP.

Ditambah dengan pelaksanaan bhakti sosial yang bekerjasama dengan PMI Tanah Bumbu berupa kegiatan donor darah.(**/red)

Loading