Varian Baru Covid-19 di Tanbu Belum Ditemukan, Kadiskes: Tetap Waspada

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Kasus infeksi virus Covid-19 di belakangan ini terus mengalami peningkatan.

Dikabarkan munculnya varian baru dari virus Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia diidentifikasi lebih mudah menginfeksi dan menyebar menjadi salah satu pemicu kelonjakan angka penambahan kasus posiitif Covid-19.

Untuk di Tanah Bumbu sendiri berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, sejauh ini belum ada laporan baru tentang masuknya varian baru di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tanah Bumbu, H. Setia Budi, Jumat (09/07/2021) saat dikonfirmasi.

“Meski perkembangan kasus saat ini mengarah ke varian baru, namun sebelum terjadi kita semua tetap harus waspada,” kata Budi.

Ia menambahkan bahwa pihak Dinkes saat ini tengah berupaya dan menjalan strategi penanganan dengan gencar melakukan pemeriksaan guna mempermudah penemuan kasus baru melalui tracing berupa rapid tes antigen ke 12 kecamatan dan 14 Puskesmas.

“Selain itu, upaya yang akan dilakukan yaitu penggalakan pembagian masker, mengontrol lokasi tempat kerumunan, pasar, angkringan, tempat hiburan dan sebagainya. Dimana itu memungkinkan untuk memicu Covid ini menyebar” jelasnya.

Selain itu guna menekan tingkat penyebaran Covid di Tanah Bumbu pihaknya juga akan melakukan pembagian masker termasuk pembagian selebaran dan baliho.

Hal ini ditujukan agar kesadaran serta kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dapat lebib ditingkatkan.

“Tugas penanganan Covid adalah tugas kita bersama, minimal kita melindungi diri agar orang lain juga terlindungi dengan cara mematuhi aturan protokol kesehatan yang ada,” pungkasnya.

Adapun data sebaran kasus Covid-19 yang disebarkan melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanah Bumbu per Kamis (08/07) yakni terdapat penambahan warga yang terinfeksi Covid-19 sebanyak 11 orang serta kasus warga yang dinyatakan sembuh sebanyak 8 orang

Dengan demikian berikut rincian kasus di Tanbu yang terkonfirmasi Covid-19 secara keseluruhan hingga saat ini sebanyak 3.068 kasus dengan 199 orang masih menjalani perawatan, 2.775 orang dinyatakan sembuh, dan 94 orang dinyatakan meninggal dunia. (*/red)