Rumah Satu Jiwa Hadir Ringankan Beban Masyarakat Kurang Mampu di Desa Manunggal

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Kegiatan rutinitas Jumat Berkah Peduli Satu Jiwa kembali digalakkan Posko Satu Jiwa yang diketuai oleh Babinsa Desa Manunggal Koramil Karang Bintang, Pelda Indro Turseno, Jumat (30/12/2022)

Mewakili Danramil 1022-05/Karang Bintang Kapten Inf Yacob Pangala, Pelda Indro mengatakan kegiatan dilakukan seperti biasa secara door to door dengan mendatangi rumah warga yang dirangkai dengan program “Babinsa Masuk Dapur”.

Aksi Posko Satu Jiwa ini menjadikan hari Jumat Berkah ditandai dengan membantu masyarakat yang membutuhkan terkhusus di tempat pelaksanaan di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang.

Babinsa Pelda Indro bersama Kepala Dusun 1, Ayi turun langsung untuk mengunjungi dan bertemu langsung dengan warga kurang mampu di RT 01 Desa Manunggal.

“Alhamdulillah giat kita bisa berjalan lancar, selain kita rutin setiap Jumat di desa Manunggal, sudah ada Rumah Satu Jiwa Pancasila dimana disana kita titipkan paket sembako untuk mendukung warga lingkungan Desa Manunggal yang sudah menjadi kampung Pancasila untuk membantu warga kurang mampu yang ada di sekitar,” jelas Pelda Indro.

Adapun Rumah Satu Jiwa Pancasila telah disiapkan pihaknya masing-masing di rumah warga diantaranya Dusun 1 di rumah Samin, Dusun 2 rumah Kepala Dusun Yanti, dan Dusun 3 rumah Kepala Dusun Mahmuda.

Hal ini menurut Pelda Indro untuk memudahkan membantu sewaktu-waktu jika ada warga yang membutuhkan tanpa menunggu hari Jumat, sehingga diharapkan membantu meringankan beban warga tersebut.

Komandan Kodim Letkol inf Aldin Hadi, SH,.M.Tr(Han) melalui Danramil Kapten Inf Yacob Pangala yang juga diwakili Babinsa Pelda Indro menambahkan giat ini merupakan perintah dan penekanan kepada seluruh Babinsa yang ada di wilayah untuk bisa semaksimal mungkin bisa membantu warga di wilayah.

“Kebetulan Kec. Karang Bintang dari 11 Desa salah satunya Desa Manunggal terpilih sebagai Kampung Pancasila, dimana ini merupakan suatu kebanggaan karena bermacam-macam suku, budaya, adat dan agama bisa berdampingan hidup rukun damai dan bisa bersatu,” pungkasnya.

Dengan adanya program Babinsa Masuk Dapur dan Babinsa Bapak Asuh Anak Atunting, diharapkan melengkapi kegiatan sosial masyarakat di Kampung Pancasila.

“Mudahan dengan program ini bisa membantu Pemerintah Daerah khususnya di wilayah Kec. Karang Bintang Kab. Tanah Bumbu bisa bersama-sama bergandengan tangan mengamalkan dan menerapkan isi kandungan Pancasila sebagai landasan hidup kita sesuai harapan Komandan dgn motonya ‘Bersatu untuk Maju, Bersama untuk Sejahtera,” tutup Pelda Indro. (*/Red).