Jumat Berkah, Posko Satu Jiwa Salurkan Bantuan di Desa Kupang Berkah Jaya

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Posko Satu Jiwa kembali melaksanakan kegiatan rutin Jum’at Berkah Peduli Satu Jiwa di Desa Kupang Berkah Jaya, Jumat (14/07/2023).

Pelda Indro Turseno, yang mewakili Danramil 1022-05/Karang Bintang, menjelaskan bahwa kegiatan Jum’at Berkah Peduli Satu Jiwa berjalan seperti biasa dengan membagikan paket Sembako kepada warga lingkungan RT 02, 04, dan 05.

“Paket Sembako yang dibagikan oleh posko Satu Jiwa, yang telah diberikan amanah oleh hamba Allah, terdiri dari beras, minyak goreng, mie instan, dan gula. Hingga hari Jum’at ini, sebanyak 65 paket Sembako telah berhasil disalurkan kepada masyarakat Desa Kupang Berkah Jaya,” ungkap Pelda Indro.

Dalam pendistribusian Sembako ini, Ketua RT dan relawan Satu Jiwa, Sugeng, dengan bantuan posko Satu Jiwa secara door-to-door, membantu menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan.
Terutama bagi warga lanjut usia, jompo, yatim, pendatang, dan mereka yang kurang mampu.

Pelda Indro menambahkan kegiatan ini merupakan implementasi dari program Babinsa masuk dapur yang digaungkan oleh Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Inf Aldin Hadi SH, M.Tr (Han). Tujuannya adalah untuk membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat sekitar.

“Babinsa dan kepala Desa, hingga tingkat RT, menjadi mata dan telinga kita untuk mengetahui warga yang membutuhkan perhatian sehingga bantuan yang disalurkan dapat tepat sasaran,” sambungnya.

Ketua RT 5, Pak Endut, dan Pak Parno, Ketua RT 05 Desa Kupang Berkah Jaya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu, Letkol Inf Aldin Hadi SH, M.Tr (Han), hamba Allah SWT, serta Posko Satu Jiwa, terutama Pak Indro sebagai Babinsa yang telah menginisiasi berdirinya posko Satu Jiwa di Desa Sarigadung, dimana desa ini kini telah dimekarkan menjadi Desa Kupang Berkah Jaya.

Posko Satu Jiwa selalu aktif dalam membantu kepentingan masyarakat, terutama dalam hal bantuan sosial secara mandiri dan swadaya.

Setiap minggu, pada hari Jum’at, mereka berbagi di lingkungan desa tersebut. Bahkan, bantuan mereka telah sampai ke desa-desa lain, bahkan di luar wilayah Tanah Bumbu, seperti Kabupaten Kotabaru.

Posko Satu Jiwa berharap bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Mereka menghimpun bantuan dari warga yang mampu, dengan semangat kebersamaan dan gotong royong untuk peduli dan berbagi Sembako kepada warga yang kurang mampu. Bantuan ini diharapkan dapat menjangkau warga yang belum menerima bantuan sebelumnya.

Pada Jum’at ini, paket Sembako yang dibagikan berupa beras, minyak goreng, gula, dan mie instan khususnya ditujukan untuk membantu warga yang membutuhkan, seperti lansia, janda, yatim piatu, dan warga pendatang yang kurang mampu.

Dengan semangat salam Satu Jiwa, kegiatan ini ditutup sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan dalam masyarakat. (*/Red).