KPU Tanbu Terima Kirab Pemilu 2024: Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Serah Terima Kirab Pemilu 2024.

Rangkaian acara tersebut melibatkan Kirab Pemilu dari KPU Kotabaru sebagai bagian dari upaya menyebarkan semangat demokrasi dan partisipasi politik. Acara ini berlangsung di halaman kantor KPU Tanah Bumbu pada Sabtu (26/08/2023).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Tanbu, Puryadi, menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada KPU Kalsel dan Pemda Tanbu atas dukungan dan motivasi yang diberikan untuk kelancaran acara tersebut.

Puryadi juga mengucapkan terima kasih kepada rombongan KPU Kotabaru yang telah menghadiri acara tersebut. Meski diadakan secara sederhana, Puryadi menekankan bahwa makna dan substansi pemilu tetap utuh.

“Kita ingin menggugah kesadaran masyarakat Tanah Bumbu terhadap pemilu guna mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan bebas sengketa,” harap Puryadi.

Sementara itu Ketua KPU Kalsel, Dr. Andi Tenri Sompa, S.I.P., M.Si, turut mengapresiasi Pemkab Tanbu atas fasilitas yang diberikan dalam penyelenggaraan Kirab Pemilu.

Dikatakannya, kirab ini adalah program nasional yang diluncurkan oleh KPU RI. Peluncuran pertama kali digelar pada 14 Februari 2023 dan dilaksanakan di tujuh titik berbeda.

Setelah Tanah Bumbu, Kirab ini akan berlanjut ke beberapa kabupaten lain di Kalsel, termasuk Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjarbaru, sebelum akhirnya menuju provinsi Jawa Tengah.

Andi Tenri menegaskan bahwa Kirab Pemilu merupakan simbol integrasi bangsa. Ia menekankan bahwa pemilu bukan hanya milik pusat, melainkan juga harus dirasakan dan dilaksanakan di wilayah terkecil.

“Kirab ini diharapkan dapat memberikan sosialisasi yang lebih luas mengenai pemilu serta meningkatkan partisipasi politik masyarakat menjelang hari pemilihan,” ujarnya.

Dengan demikian, pemilu diharapkan Ketua KPU Kalsel itu dapat menjadi ajang persatuan dalam memilih pemimpin yang akan mensejahterakan masyarakat.

Dalam akhir sambutannya, Andi Tenri memohon dukungan dari semua pihak agar tetap menjunjung tinggi integritas dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, tanpa memandang agama, suku, atau ras tertentu.

Usai melaksanakan serah terima kirab pemilu, Forkopimda Tanbu beserta perwakilan partai politik kemudian melakukan penandatangan deklarasi pemilu.

Hadir dalam acara ini antara lain Bupati yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua KPU Kalsel, pejabat di lingkup Pemkab Tanbu, Camat, Kementerian Agama (Kemenag), serta Ketua Pengurus Partai Politik Peserta Pemilu, Bawaslu dan tamu undangan lainnya. (*/Red).