Pemkab Tanbu Buka Peluang 1.764 Pegawai melalui Formasi PPPK 2023

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah mengumumkan pembukaan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2023.

Kepala BKPSDM Kab. Tanah Bumbu Rusdiansyah melalui Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Ayub Barin, mengatakan bahwa pemerintah pusat telah memberikan kuota seleksi PPPK sebanyak 1.764 formasi untuk Tanah Bumbu.

Dari kuota tersebut, jabatan fungsional guru mendominasi dengan 1.157 formasi, diikuti oleh jabatan fungsional tenaga kesehatan sebanyak 491 formasi, dan jabatan fungsional tenaga teknis sebanyak 116 formasi.

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui SSCASN, dengan persyaratan berkas yang menyesuaikan sesuai formasi. Tahapan seleksi ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia,” kata Ayub saat ditemui media ini di Kantor BKPSDM Tanbu, Rabu (27/09/2023).

Ia menjelaskan tahapan dan jadwal pelaksanaan seleksi meliputi seleksi administrasi dan kompetensi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Adapun pengumuman seleksi PPPK dimulai dari 19 September hingga 3 Oktober 2023, pendaftaran seleksi dari 20 September hingga 9 Oktober 2023, dan seleksi administrasi dari 20 September hingga 12 Oktober 2023.

Khusus untuk pendaftaran PPPK Guru, kebutuhan khusus dapat dilakukan dari 20 hingga 29 September 2023, sementara kebutuhan umum dapat dilakukan dari 30 September hingga 9 Oktober 2023.

Pelamar pada kebutuhan khusus termasuk pelamar prioritas, eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II), guru non Aparatur Sipil Negara (non ASN) di sekolah negeri.

Sementara pelamar kebutuh umum yakni lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang terdaftar pada pangkalan data Kemendikbudristek, dan guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek.

Terkait pelaksanaan seleksi kompetensi, melalui seleksi tertulis yang direncanakan akan diadakan langsung di Kantor BKPSDM Tanah Bumbu tepatnya di gedung CAT.

“Ujiannya online lewat CAT BKN, jadi nanti tim BKN datang kesini, kita memfasilitasi tempat serta sarana dan prasarana, dan mereka yang menjadi operator pelaksanaan ujian,” jelasnya.

Oleh sebab itu, BKPSDM Tanah Bumbu mengimbau masyarakat yang hendak mengikuti seleksi PPPK untuk membaca dan mencermati pengumuman dan ketentuan dari posisi jabatan yang diincar.

Adapun pengumuman terkait PPPK tersebut dapat dilihat lebih lanjut di website resmi BKPSDM Tanah Bumbu: https://bkpsdm.tanahbumbukab.go.id/ . (*/Red).