DPRD Tanbu Bahas Pemandangan Umum Fraksi terhadap Tiga Raperda

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bupati H.M. Yamani menghadiri rapat paripurna untuk mendengarkan pemandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Tanah Bumbu terhadap tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pada Senin (13/05/2024).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanbu, Andre Maulani, SH, serta dihadiri oleh sejumlah pimpinan SKPD Pemkab Tanbu dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Dalam rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu, pemandangan umum diberikan oleh lima fraksi, yakni Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi PDI, Fraksi PKB, dan Fraksi Amanat Nasional Demokrat.

Ketiga Raperda yang dibahas meliputi Raperda tentang Bantuan Partai Politik, Raperda Pemekaran Kecamatan Satui dan Kecamatan Pangeran, dan Raperda Keolahragaan.

Ketua DPRD Tanbu, Andre Maulani, menyampaikan bahwa semua fraksi dapat menerima dua Raperda, yakni Raperda Keolahragaan dan Raperda Pemberian Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik dengan catatan dan usul serta saran-saran yang mengacu dan tidak bertentangan pada peraturan diatasnya.

Sementara untuk Raperda Pemekaran Kecamatan dari 5 fraksi yang menyampaikan pemandangan umumnya, ada 4 fraksi yang menolak Raperda tentang Pembentukan Kecamatan Pangeran dan Kecamatan Satui Bersujud untuk dilanjutkan prosesnya dengan alasan belum selesainya tapal batas.

Bahwa setelah mendengarkan pandangan umum dari semua fraksi, pada rapat berikutnya, pihak legislatif akan mendengarkan jawaban Bupati terhadap pemandangan umum fraksi terhadap tiga Raperda tersebut.

Sebelumnya, pada Senin (06/05/2024) lalu, DPRD Kabupaten Tanah Bumbu juga menggelar rapat paripurna dengan agenda pemaparan oleh pihak eksekutif terkait tiga raperda tersebut. (*/Red).