Akselerasi Ekonomi Digital, Sosialisasi Program Bansos Non Tunai di Tanah Bumbu

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar sosialisasi dan edukasi terkait implementasi Program Bantuan Sosial (Bansos) Non Tunai.

Kegiatan yang bertempat di aula Dinsos Tanbu pada Rabu (15/05/2024) ini didasari oleh Surat Kepala Divisi Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel Nomor: 26/316/BJM/Srt/B yang menginstruksikan pelaksanaan sosialisasi dan edukasi Program Bantuan Sosial Non Tunai.

Menurut laporan Koordinator Kabupaten Program Keluarga Harapan (PKH), Azhar Hanafi, acara ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari penerima manfaat PKH, pendamping, serta agen.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk mendukung akselerasi ekosistem ekonomi digital. Bank Indonesia bersama Pemerintah berupaya mendukung program elektronifikasi, salah satunya melalui Program Bantuan Sosial Non Tunai seperti Program Sembako dan PKH yang melibatkan Bank Himbara.

Sebagai bentuk dukungan terhadap implementasi program ini, Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi yang ditujukan kepada pendamping serta perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinas Sosial serta Bank Himbara, sebagai pelaksana penyaluran program Bansos Non Tunai.

Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Saprudin, menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.

Ia berharap jumlah penerima manfaat semakin menurun, yang menunjukkan berkurangnya jumlah orang miskin di Tanah Bumbu.

“Pemerintah Daerah siap membantu akselerasi ekosistem ekonomi digital untuk kepentingan masyarakat,” ujar Eka Saprudin.

Berdasarkan data Dinsos Tanah Bumbu, jumlah penerima PKH pada tahun 2023 di Tanah Bumbu mencapai 4.960 keluarga, yang terdiri dari 3.985 keluarga melalui Bank Himbara dan 975 keluarga melalui PT Pos.

Sosialisasi dan materi disampaikan oleh Candra Agusta, Analis Junior dari BI Provinsi Kalsel, bersama timnya.

Acara ini diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan dan informasi kepada para peserta, sehingga implementasi Program Bantuan Sosial Non Tunai di Tanah Bumbu dapat berjalan lebih efektif dan efisien. (*/Red).