Polres Tanah Bumbu Ungkap Puluhan Kasus Selama Operasi Sikat Intan 2024

Obsesinews.com, Tanah Bumbu — Dalam upaya memberantas berbagai tindak kriminal di wilayah Tanah Bumbu, Kepolisian Resor (Polres) Tanah Bumbu melalui Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) telah berhasil mengungkap 35 kasus selama pelaksanaan Operasi Sikat I Intan 2024.

Operasi yang berlangsung selama 14 hari, dari tanggal 2 hingga 15 Mei 2024, menyasar berbagai tindak kriminal seperti premanisme, narkotika, senjata api (senpi), senjata tajam (sajam), minuman keras (miras), perjudian, dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Rincian kasus yang diungkap meliputi sejumlah kasus diantaranya, penggelapan 3 kasus, pembunuhan 1 kasus, pengancaman 1 kasus, penganiayaan 5 kasus, pencurian 6 kasus, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) 1 kasus, pencurian dengan Kekerasan (Curat) 2 kasus, narkotika: 9 kasus, senjata tajam 5 kasus dan penipuan/penggelapan 2 kasus.

Sebanyak 39 tersangka berhasil diamankan, terdiri dari 4 Target Operasi (TO) dan 35 Non-TO. Selain itu, 17 orang mendapat pembinaan dengan rincian pelanggaran: 7 orang tanpa identitas dan 10 orang karena mabuk-mabukan.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan 33 paket narkotika jenis sabu seberat 85,18 gram, 8 butir ekstasi warna pink seberat 4,96 gram, 6 sepeda motor dari berbagai jenis dan merk, 15 unit handphone dari berbagai merk, 7 buah senjata tajam dari berbagai jenis, Uang tunai sebesar Rp. 2.264.000, 4 lembar pakaian, 4 buah kabel NYY Inlet Outlet Gardu merk ETERNA dan KABELINDO dengan diameter berbeda, 1 buah gergaji besi lengkap dengan gagang, dan 1 buah tang pemotong kawat dengan gagang karet berwarna hitam oranye.

Salah satu kasus menonjol yang berhasil adalah pengungkapan kasus narkotika dengan barang bukti 33 paket sabu dan 8 butir ekstasi, serta pengungkapan kasus pencurian dengan barang bukti berupa sepeda motor dan handphone.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya melalui Kepala Satreskrim Polres Tanah Bumbu AKP Agung Kurnia, keberhasilan operasi ini tidak lepas dari kerja keras seluruh jajaran Satreskrim dan unit Reskrim Polsek Tanah Bumbu yang terus berkomitmen memberantas kejahatan di wilayah tersebut.

“Kami akan terus melakukan upaya penegakan hukum dan menjaga keamanan serta ketertiban di masyarakat,” ujar AKP Agung Kurnia.

Saat ini, seluruh kasus yang telah diungkap sedang dalam proses penyidikan lebih lanjut oleh Satreskrim dan unit Reskrim Polsek jajaran Polres Tanah Bumbu. (*/Red).