Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Program Fresh Graduated Operator (FGO) yang dilaksanakan oleh PT Borneo Indobara (BIB) bersama PT Cipta Kridatama (CK) dengan resmi dibuka pada hari Selasa (11/06/2024) di Community Learning Center.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk mitra dari PT BIB, serta pejabat Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu seperti Disnaker, Muspida, dan Muspika.

Program FGO kali ini menarik minat lebih dari 250 pendaftar dari berbagai daerah di Tanah Bumbu. Namun setelah melalui proses seleksi, hanya 50 peserta yang dapat diterima dalam program tersebut

FGO ini sendiri merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT BIB bersama PT CK, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat sekitar area tambang untuk berkarier dan mendapatkan pekerjaan.

Untuk itu, fokus utama program FGO kali ini adalah merekrut peserta dari masyarakat lokal yang berdomisili di Kabupaten Tanah Bumbu.

Peserta yang terpilih akan menjalani pelatihan intensif selama enam bulan, yang dijadwalkan selesai pada bulan Desember mendatang.
Selama pelatihan, peserta akan dibekali dengan berbagai materi, termasuk manajemen dasar perusahaan, kepemimpinan, dan penggunaan alat berat.

Kepala Teknik Tambang PT Borneo Indobara, Ariyadi Simka Pinem, menyampaikan bahwa seluruh peserta yang berhasil mengikuti FGO kali ini dipastikan sudah melalui serangkaian tes syarat pertambangan yang tentunya tidak mudah dan menyebutnya sebagai orang-orang terpilih.

“Karena ketika kita bekerja di pertambangan, kita akan menghadapi risiko yang sangat besar. Maka dari itu, rangkaian pembelajaran yang nanti diikuti oleh peserta ini diharapkan bisa dipahami agar dapat menekan angka risiko tersebut,” tegasnya.

Mewakili Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tanah Bumbu, Eka Saprudin menyampaikan apresiasinya terhadap program FGO ini.

Disampaikan bahwa angka pengangguran di Kabupaten Tanah Bumbu masih sangat tinggi. Dengan adanya program FGO kali ini, Bupati Tanah Bumbu sangatlah berterima kasih karena PT BIB dan juga CK ikut andil dalam mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tanah Bumbu.

Program FGO diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal, terutama dalam hal peningkatan keterampilan dan kesempatan kerja, sehingga dapat berkontribusi dalam pengurangan angka pengangguran di Kabupaten Tanah Bumbu.

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh orang tua peserta, yang turut mengantarkan putra mereka. Beberapa rangkaian acara seremonial, seperti mencuci kedua kaki ibu sebagai tanda bakti, menambah suasana haru dan bahagia dalam pembukaan acara ini. (**/red)