Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Penuhi kebutuhan dasar infrastruktur bagi masyarakat sekitar tambang, PT Borneo Indobara melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) melaksanakan peletakan batu pertama untuk program pengadaan sumber air bersih di Desa Trimartani.

Acara yang diselenggarakan pada Selasa (25/06/2024) di Balai Desa Trimartani, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk jajaran Polres Tanah Bumbu, Polsek Sungai Loban, mitra hauling, aparatur desa Ketua RT, dan masyarakat sekitar.

Kepala Desa Trimartani, Mardianto, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim CSR PT Borneo Indobara yang selalu hadir dan bersinergi untuk kepentingan masyarakat.

“Pembangunan pengadaan infrastruktur sumber air ini diharapkan dapat membantu masyarakat, terutama saat kemarau panjang di mana Desa Trimartani sangat merasakan kesulitan mendapatkan air bersih,” ujar Madianto.

Wahyudi Wijaya, Section Head Infrastruktur Department Empowerment Development PT Borneo Indobara, menyampaikan harapannya agar pembangunan infrastruktur sumber air ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Trimartani, terutama saat musim kemarau.

“Pekerjaan infrastruktur ini mencakup pengeboran untuk mencari air bersih, tahap pipanisasi, hingga sambungan ke rumah-rumah. Kami berharap semua ini akan rampung pada pertengahan tahun 2025, memberikan manfaat bagi ratusan keluarga di Desa Trimartani,” jelasnya.

Sementara itu Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Arief Prasetya S.I.K., M.Med.Kom., juga menyampaikan apresiasinya terhadap PT Borneo Indobara yang bersinergi dengan Polres Tanbu sekaligus memperingati Hari Bhayangkara Ke-78 ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada perusahaan yang memberikan kemudahan akses air bersih bagi masyarakat. Sebagai aparat kepolisian, kami siap mendukung dan melayani masyarakat,” katanya.

Kekeringan yang sering terjadi saat kemarau membuat masyarakat Desa Trimartani kesulitan mendapatkan air bersih, mengganggu aktivitas sehari-hari seperti meladang dan berkebun.

Oleh sebab itu, pembangunan infrastruktur sumber air bersih ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut.

Peletakan batu pertama dilakukan secara simbolis oleh Manegement PT BIB yang diwakili Wahyudi Wijaya bersama dengan Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Arief Prasetya, didampingi oleh Kepala Desa Mardianto dan Kapolsek Sungai Loban, Kity Tokam.

Selain di Desa Trimartani, PT Borneo Indobara juga telah melakukan pembangunan infrastruktur sumber air bersih di beberapa desa lain seperti Jombang, Sebamban Lama, Banjarsari, dan Waringin Tunggal.

Dengan kegiatan ini, PT BIB menunjukkan komitmennya untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di ring 1 sekitar PT BIB. (**/red)