Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Tim dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM melakukan kunjungan resmi ke PT Borneo Indobara (BIB) dan Koperasi Borneo Jaya Mandiri Bersama (KBJMB).

Kunjungan yang dilaksanakan pada
31 Juli – 1 Agustus 2024 ini bertujuan untuk menindaklanjuti kerjasama investasi modal yang bertujuan mengembangkan potensi bisnis unit di koperasi tersebut.

LPDB KUMKM merupakan satuan kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM, yang dalam kunjungan kali ini dihadiri oleh Direktur Utama Drs. Supomo, Ak., MM, Direktur Bisnis Krisdianto Soedarmono, ST., MM, serta 12 anggota lainnya.

Sementara itu, Koperasi KBJMB diwakili oleh ketua Koperasi Akhmad Kholibi dan seluruh pengurusnya.

Kunjungan ini melibatkan diskusi langsung antara pengurus koperasi dan tim LPDB KUMKM mengenai berbagai unit bisnis koperasi dan program-program CSR yang diinisiasi oleh PT BIB.

Beberapa unit bisnis yang dikunjungi termasuk kantor koperasi di UMKM Center, Suwara Cafe, Beeresto, On Point Grafis, Beemart, Beedelivery, dan pabrik pakan.

Selain itu, tim juga meninjau program CSR seperti rumpon ikan, TPS Sebamban Lama, dan Community Learning Center di Desa Sebamban Lama, yang semuanya memiliki kaitan erat dengan koperasi dalam hal pemasaran produk.

General Manager Empowerment Sustainability PT BIB, Dindin Makinudin, bersama dengan Department Head Silvyna Aditia, turut mengawal proses kunjungan ini.

“Harapannya proses investasi modal melalui Lembaga Pinjaman Dana Bergulir dari Koperasi ini bisa berjalan lancer dan Koperasi KBJMB mendapatkan pinjamannya untuk mengembangkan bisnis unit yang ada sehingga akan memberikan dampak kepada anggota koperasi yang signifikan,” kata Dindin, Jumat (02/08/2024).

Dalam sambutannya, Direktur Utama LPDB menyampaikan ketertarikan mereka terhadap kerjasama dengan koperasi binaan PT BIB.

“Kami sangat senang karena melihat siklus unit usaha yang sudah dikembangkan oleh masyarakat sangat berpotensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan salam dari Menteri Koperasi dan UKM yang berhalangan hadir dan berharap dapat hadir saat serah terima modal investasi nanti.

Diketahui, koperasi KBJMB menjadi satu-satunya koperasi di Kabupaten Tanah Bumbu yang berhasil menggandeng LPDB dalam meningkatkan usahanya sejauh ini.

Pada hari pertama kunjungan, tim LPDB diajak mengunjungi UMKM Center Angsana, Beemart, Suwara Cafe, dan Beeresto. Di hari kedua, mereka mengunjungi rumpon ikan, pabrik pakan, demplot 2.9, dan Masjid Apung Ziyadatul Abrar, yang juga dikenal sebagai Masjid Apung.

Kunjungan ini diakhiri dengan pengalaman memancing di rumpon ikan dan mencoba madu kelulut langsung dari sarangnya, memberikan kesan mendalam bagi para anggota tim LPDB.

Diharapkan kerjasama ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi koperasi dan seluruh anggotanya, serta memperkuat hubungan antara LPDB, PT BIB, dan Koperasi Borneo Jaya Mandiri Bersama. (**/ red)