Kodim 0805/Ngawi gelar Latihan SAR Bersama

Obsesinews.com,Ngawi- Guna Antisipasi Datangnya Bencana Dan Menyiapkan Personel Yang Mumpuni Dalam Pengoperasian Perahu Karet (LCR) Anggota Kodim 0805 Ngawi dan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi mengikuti latihan pengoperasian perahu dan tehnik menolong korban banjir di Waduk Pondok Desa Dampit Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, Kamis (13/4).

Latihan pengoperasian perahu ini dipimpin langsung oleh Dandim 0805 Ngawi Letkol Inf M. Triyandhono S.I.P diikuti personel dari Koramil-Koramil jajaran Kodim 0805 Ngawi. Dalam latihan ini Kodim Ngawi bersama BPBD Kabupaten Ngawi sebagai instruktur pemateri dan selaku Instansi Pemerintah yang membidangi dalam penanggulangan bencana daerah.


Adapun materi yang diberikan kepada para peserta latihan terdiri dari teori spesifikasi engine kapal dan praktek pengoperasian di medan sebenarnya serta tehnik menolong korban banjir yang tenggelam. Dalam aplikasi di medan sebenarnya, para peserta latihan dituntut untuk mampu memasang dan mengoperasikan mesin perahu dan mampu menolong korban yang tenggelam.

Dandim 0805 Ngawi Letkol Inf M. Triyandono S.I.P menuturkan,” bahwa Kodim 0805 Ngawi selalu siap jika dimintai bantuan untuk kegiatan tanggap darurat penanggulangan bencana alam. 

“Melalui Babinsa di tiap wilayah pedesaan, akan terus memantau setiap perkembangan yang terjadi terutama di wilayah yang memiliki kerawanan tinggi terhadap bencana alam.

 

   ”Dengan kita melakukan latihan dan menyiapkan personel maupun meteriil ini secara tidak langsung ikut membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir di wilayah Kabupaten Ngawi,” papar Dandim.  (D805/red)