Obsesinews.com – Tegal, Satuan Yonif 407/Padmakusuma menggelar upacara Sertijab (serah terima jabatan) Komandan Batalyon dari Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. kepada Mayor Inf Catur Irawan, S.I.P. Kegiatan Sertijab diselenggarakan di Lapangan Mako Yonif 407/PK dan dipimpin langsung oleh Komandan Brigif 4/DR Kolonel Inf Endar Setyanto, Rabu (05/08/2020) sore tadi.

Kali ini, Upacara Sertijab Danyonif 407/PK dilaksanakan secara intern dengan komposisi pasukan militer tanpa melibatkan instansi sipil dan hanya beberapa tamu undangan untuk kalangan umum. Mengingat masih dalam situasi dan kondisi pandemi, kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan prosedur (protokol) kesehatan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Danbrigif 4/DR Kolonel Inf Indar Setyanto, Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Aziz, Danyonif lama 407/PK Letkol Inf Sutan P. Siregar, Danyonif Baru 407/PK Mayor Inf Catur Irawan SIP, Kapolres Kota Tegal AKBP Rita Wulandari Wibowo, Danyonif 406/CK Letkol Inf Hari Sandra, Danyonif 405/SK Letkol Inf Kresna Santy Darma SE, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irfan Kristian Tarigan, Dandim 0713/Brebes Letkol Arm M. Haikal Sofyan, Dansat Radar 214/ Tegal Letkol Lek Priyambodo Satriyo R, Wakapolres Tegal Kompol M Faisal Perdana, Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf A Aziz, Wakapolres Brebes Kompol Suryo Wibowo SIK, Wakapolres Pemalang Kompol Ari Iman Prasetya S.Pd MH, Wakapolres Pekalongan Kompol Andis Arfanto, Wakapolresta Pekalongan Kompol Drs Gangsar Subagyo, Dansub Denpom IV /1- 3 Tegal Kapten Cpm M toto wahyudi, Ketua Persit KCK Cabang LVI Brigif 4 PD IV/Diponegoro, Ketua Persit KCK Ranting sejajaran Cabang LVI Brigif 4, Koordinator Pokja Publikasi Direktorat GTK Dikdas beserta segenap pendidik dan narasumber (Bimtek) dari Direktorat Jenderal GTK Kemendikbud, Perwakilan Bank Indonesia Tegal Dody Nugraha, Kepala BRI Cabang Tegal, Ketua Yayasan Poltek Harber Tegal beserta Wadir 2 dan 3 serta Kepala Humas dan Protokoler, Kepala Bank Mandiri Cabang Adiwerna, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam rangkaian Upacara Sertijab, Mayor Inf Catur Irawan, S.I.P. melaksanakan pengambilan sumpah jabatan, menerima Tongkat Komando dan Bendera Tunggul Padmakusuma serta dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Pakta Integritas Komandan Yonif 407/Padmakusuma sebagai Naskah Serah Terima Jabatan Komandan Yonif 407/PK bersama Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P.

Prosesi pengambilan sumpah dan penandanganan tersebut Naskah Pakta Integritas Komandan Yonif 407/Padmakusuma berlangsung dihadapan Komandan Brigif-4/DR Kolonel Endar Setyanto selaku selaku Irup.

Komandan Brigif 4/Dewa Ratna dalam amanatnya menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dilakukan dalam lingkungan angkatan darat untuk kepentingan organisasi, dimana penempatan dan penyusunan personel dilakukan melalui mekanisme sidang jabatan dan mempertimbangkan semua aspek, khususnya profesionalitas keprajuritan.

Alih tugas dan tanggung jawab jabatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari pembinaan satuan, terutama yang terkait dengan pembinaan organisasi dalam upaya peningkatan kinerja satuan, yang kesemuanya itu sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis guna mengoptimalkan kemampuan satuan untuk mendukung tugas pokok.

“Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma sebagai satuan tempur dibawah Komando Brigif- 4/Dewa Ratna mempunyai tugas pokok melaksanakan fungsi utama yakni pertempuran, pembinaan kekuatan dan pembinaan teritorial secara terbatas, melaksanakan fungsi organik Militer melalui kegiatan bidang Intelijen, Operasi, Personel, Logistik serta melaksanakan rangka fungsi organik pembinaan latihan dalam mendukung tugas pokoknya. Oleh karena itu satuan ini dituntut memiliki mobilitas yang tinggi serta mampu bereaksi cepat sebagai satuan penangkal, penindak dan pemukul yang handal untuk digerakan keseluruh Wilayah NKRI,” jelasnya.

Lebih lanjut, guna menjawab tantangan tugas tersebut, maka Komandan Satuan harus terus berupaya meningkatkan dan memantapkan profesional prajurit melalui olah keprajuritan yang dilandasi dengan profesionalisme, integritas dan kompetensi, sehingga satuan ini memiliki soliditas dan disiplin yang tinggi. Semua tugas tersebut bukanlah tugas yang ringan, untuk itu diperlukan kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang handal dari seorang Komandan sekalipun dihadapkan kepada keterbatasan yang dimiliki oleh satuan.

“Berkenaan dengan serah terima jabatan ini, saya selaku Komandan Brigif-4/Dewa Ratna dan pribadi serta atas nama keluarga besar Brigif-4/Dewa Ratna mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. atas segenap dedikasi, motivasi, jerih serta payah yang telah ditunjukkan selama ini, sehingga tugas-tugas Yonif 407/PK yang diemban dapat diselesaikan dengan baik. Semoga pengalaman mengemban tugas selama ini menjadi bahan evaluasi dan bekal meningkatkan untuk kinerja dan meraih sukses yang lebih besar ditempat tugas baru sebagai Komandan Kodim 0712/Tegal Rem 071/Wk,” ungkapnya.

Demikian Juga kepada Ny. Sutan yang telah setia mendampingi suami dalam melaksanakan tugas sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana ranting 4 Yonif 407/PK, saya ucapkan terima kasih atas dukungan serta dorongan yang telah diberikan kepada suami sehingga mampu melaksanakan tugas dan pengabdian dengan baik.

“Selanjutnya kepada Mayor Inf Catur Irawan, S.I.P. beserta istri saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas di jajaran Brigif 4/Dewa Ratna serta selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan pimpinan TNI- AD untuk menjabat sebagai Komandan Yonif 407/Padmakusuma. Sebagai Danyonif 407/PK segera beradaptasi dengan satuan baru, kenali personel secara baik untuk melaksanakan pembinaan, pengawasan dan pengendalian agar mampu memberikan reward and punishment secara tepat, sehingga prajurit memiliki kepercayaan dan harapan untuk berbuat yang terbaik dalam melaksanakan tugas pokoknya,” harapannya.

Kolonel Inf Endar Setiyanto berpesan, agar selalu menjaga kekompakan dan kesatuan komando serta soliditas Yonif 407/Padmakusuma tetap menjadi kekuatan andalan dalam menjaga, memelihara, melindungi, mempertahankan bangsa dan negara dari berbagai ancaman yang timbul dan berkembang di wilayah NKRI.

Sebagai Danyonif 407/PK segera beradaptasi dengan satuan baru, kenali personel secara baik untuk melaksanakan pembinaan, pengawasan dan pengendalian agar mampu memberikan reward and punishment secara tepat, sehingga prajurit memiliki kepercayaan dan harapan untuk berbuat yang terbaik dalam melaksanakan tugas pokoknya. Jaga kekompakan dan kesatuan komando serta soliditas agar Yonif 407/Padmakusuma akan tetap menjadi kekuatan andalan dalam menjaga, memelihara, melindungi, mempertahankan bangsa dan negara dari berbagai ancaman yang timbul dan berkembang di wilayah NKRI.

“Selanjutnya saya juga mengucapkan selamat kepada segenap prajurit Yonif 407/Padmakusuma yang mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara, yang sebentar lagi akan berangkat dan kehormatan yang diberikan pimpinan TNI- AD untuk menjabat sebagai Komandan Yonif 407/Padmakusuma. Dan kepada segenap prajurit Yonif 407/Padmakusuma yang mendapat kepercayaan dari pimpinan tni, bangsa dan negara, yang sebentar lagi akan berangkat melaksanakan perbatasan tugas operasi pengamanan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat. Kepercayaan tugas mulia ini merupakan kehormaian untuk dipertanggungjawabkan dan dilaksanakan dengan tugas dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

“Operasi ini merupakan pengamanan perbatasan negara, momentum dan kepercayaan yang diberikan kepada prajurit dalam rangka menjaga keutuhan wilayah Kesatuan Negara Republik Indonesia bukan hanya untuk pengamanan wilayah perbatasan semata, tapi yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa merebut hati rakyat sekitarnya serta menjadi pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat, dengan tetap berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Jaga kekompakkan satuan, koordinasi yang baik dengan aparat setempat sehingga batas kedaulatan bangsa dan negara dapat terjaga dan berjalan dengan baik,” begitu pungkasnya.

Seusai acara Serah Terima Jabatan Komandan Yonif 407/Padmakusuma berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu penampilan Drumband Canka Padmakusuma Yonif 407/PK.

Selanjutnya dengan diiringi tarian adat jawa yang diperagakan oleh para Prajurit Padmakusuma Yonif 407/PK, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. sebagai Komandan Lama menyerahan Keris dan Kuluk Kanigaran (Topi Adat) serta tanda jabatan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia kepada Komandan Yonif 407/PK yang baru Mayor Inf Catur, S.I.P. Hal ini melambangkan penyerahan jabatan, wewenang dan tangung jawab sebagai Komandan yang sepenuhnya untuk menjaga dan meningkatkan kemajuan satuan Yonif 407/Padmakusuma. (Dasuki/red)