Plt Kadis PUPR Tanbu Tinjau Lokasi Jalan Longsor di Desa Bunati

Obsesinews.com – Plt Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu Subhansyah meninjau langsung Jalan di Desa Bunati Kecamatan Angsana yang diduga longsor akibat aktivitas pertambangan PT. Anzawara Satria, Minggu (23/05/2021) siang.

Nampak berhadir dalam kegiatan peninjauan tersebut Kepala BPBD Tanbu Eryanto Rais, pihak perusahaan, perwakilan masyarakat serta sejumlah awak media.

Salah seorang warga Desa Bunati Muhammad Zakaria, mengatakan bahwa dirinya bersama warga desa berharap agar perusahaan PT. Anzawara Satria dapat bersikap serius perihal masalah ini.

Menurutnya, perusahaan terkesan lamban dan tidak serius dalam menyelesaikan permasalahan jalan longsor tersebut.

Bahkan dirinya bersama bersama sejumlah warga juga mendirikan tenda tidak jauh dari lokasi jalan yang rusak guna memantau kinerja dari pihak perusahaan.

“Tuntutan kita agar pihak perusahaan PT. Anzawara bertanggungjawab mengembalikan jalan desa kami,” kata Zakaria.

Diketahui jalan yang ambruk tersebut merupakan satu-satunya akses warga Desa Bunati menuju Jalan Propinsi, dan untuk saat ini warga menggunakan jalan alternatif yang telah dibuatkan oleh pihak perusahaan.

Meski demikian, Zakaria meminta agar pihak perusahaan dapat dengan cepat dan sigap melakukan perbaikan jalan utama guna memudahkan aktivitas serta mobilitas warga Desa Bunati yang terganggu akibat hal tersebut.

“Target kami secepatnya, dan adanya kami disini juga untuk berkoordinasi dengan mereka juga agar hubungan masyarakat dan perusahaan tetap baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Teknik Tambang PT Anzawara Sugiharto di lokasi mengatakan bahawa pihak perusahaan berkomitmen untuk bertanggungjawab melakukan perbaikan jalan Desa Bunati.

“PT. Anzawara Satria akan berfokus dalam penanganan jalan ini secepatnya,” kata Sugiharto.

Plt Kadis PUPR Tanbu, Subhansyah, berharap apa yang menjadi komitmen dari PT. Anzawara Satria dapat benar-benar direalisasikan.

“Jalan alternatif juga harus secepatnya diperbaiki guna memudahkan aktivitas masyarakat Desa Bunati dan alhamdulillah pihak perusahaan mau bertanggungjawab atas kejadian ini,” kata Subhan. (*/red)