Banyak Kerusakan Bangunan, Kubah Pagatan Segera Direhab

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Makam Syekh Mufti Muhammad Arsyad bin Muhammd As’ad atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kubah Pagatan menjadi salah satu ikon wisata yang ada di Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Untuk itu pada Minggu (23/5/2021) Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, Subhansyah ST, MT, turun langsung untuk melakukan peninjauan di tempat tersebut.

Dalam kunjungannya nampak terlihat fasilitas dan bangunan di area Kubah Pagatan sudah mulai banyak rusak.

Misalnya saja, Jalan, kubahnya, flaponnya atap dekat pintu masuk kubah yang bocor, hingga pendopo tempat warga berkumpul santai dan makan-makam sudah bocor. Padahal, tempat ini selalu dikunjungi orang luar daerah.

”Kita akan lakukan rehab ringan Kubah Pagatan, karena kita lihat kondisinya banyak yang rusak. Sedang kan ini makam guru kita selalu ramai dikunjungi, makanya penting untuk direnovasi,” sebut Subhansyah.

Peziarah yang sempat ditanyai, juga berharap fasilitas ditambah, terutama kubah yang ukuran didalam masih sempit hingga tempat berjualan yang pas.

”Ya, kami ingin kubah ini direhab, pada era kepemimpinan Mardani- Sudian Noor. Tapi sampai sekarang belum sempat direalisasikan. Alhamdulillah Pak Subhansyah ingin merehabnya,” kata Bece, salah satu warga dekat kubah.

”Perlu ditata lagi, kalau bisa diperluas lebih bagus lagi,” kata Subhan menirukan perkataan peziarah kepadanya, sembari mengatakan akan memasukkan rehab kubah di anggaran perubahan nanti. (*/red)